46 Warga Desa Balok Dapat Bantuan BPJS Ketenagakerjaan Dari PT SMM

Beltimnews.com, Dendang – Sebanyak 46 orang warga Desa Balok Kecamatan Dendang, Belitung Timur mendapat bantuan untuk pembayaran kepesertaan BPJS Ketenagakerjaan dari PT Sahabat Mewah dan Makmur (SMM), Kamis (22/12/2022).

Resident Direktur PT SMM, Juli Wankara Purba menerangkan bantuan tersebut merupakan komitmen perusahaan untuk mendukung program BPJS dalam optimalisasi pelaksanaan program jaminan sosial ketenagakerjaan melalui CSR kepada masyarakat Desa Balok.

Dia menyebut, PT SMM tidak hanya memberikan jaminan keselamatan kerja bagi karyawannya, tetapi juga mendukung masyarakat sekitar yang bekerja agar mendapat perlindungan yang sama dengan pekerja di internal perusahaan.

“Oleh karena itu, kami berharap dengan diawali oleh niat baik perusahaan, masyarakat dapat melanjutkan secara mandiri keanggotaan serta mendapatkan manfaat secara berkelanjutan,” ucap Juli.

Sementara itu, Kepala Kantor BPJS Ketenagakerjaan Pulau Belitung, Tio Susandi mengatakan bahwa 46 warga Desa Balok tersebut didaftarkan untuk dua program, yaitu kecelakaan kerja dan jaminan kematian.

“Dibantu oleh PT SMM untuk satu bulan. Jadi mulai aktifnya 10 Desember sampai nanti 20 januari (2023),” katanya saat diwawancarai usai kegiatan sosialisasi BPJS Ketenagakerjaan di Kantor Desa Balok.

Dia menjelaskan, peserta program kecelakaan kerja BPJS Ketenagakerjaan apabila mengalami kecelakaan saat berangkat kerja hingga pulang, seluruh biaya pengobatan dan perawatannya ditanggung oleh BPJS Ketenagakerjaan.

Dan apabila peserta tersebut tidak mampu bekerja karena kecelakaan sehingga harus dirawat di rumah sakit atau di rumahnya, maka gajinya tetap diganti oleh BPJS Ketenagakerjaan selama satu tahun pertama.

“Kalau meninggal dunia di luar hubungan kerja, tidak ada hubungan kerja, hari libur, dapat 42 juta ahli waris. Di situ juga ada beasiswa anak untuk dua orang anak dari TK sampai perguruan tinggi,” jelasnya.

Sementara itu, Kepala Desa Balok, Suhandra, mengapresiasi dan berterimakasih atas program BPJS Ketenagakerjaan tersebut dan kepedulian PT SMM terhadap warganya.

“Tentunya ini sangat-sangat luar biasa bagi masyarakat Balok sendiri dengan adanya bantuan seperti ini. Mudah-mudahan terus berlanjutan, dan program lain kedepannya juga bisa dirasakan oleh warga kami khususnya dan masyarakat Belitung Timur umumnya,” pungkasnya.

(Hermansyah)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *