611 Pelanggaran Ditindak Sat Lantas Polres Beltim Selama Operasi Zebra Menumbing 2022

Beltimnews.com, Manggar – Selama Operasi Zebra Menumbing 2022 yang digelar sejak tanggal 3-16 Oktober lalu, Sat Lantas Polres Belitung Timur (Beltim) menemukan 611 pengendara yang melanggar aturan lalu lintas. Yaitu terbagi dari tilang sebanyak 267 berkas dan teguran sebanyak 344.

Kasat Lantas Polres Beltim, Iptu Abdul Haris seizin Kapolres AKBP Taufik Noor Isya mengatakan pelanggaran yang terjadi didominasi pengguna kendaraan sepeda motor, yaitu sebanyak 427 dan roda empat 184 unit. Barang bukti tilang yang disita terdiri dari Surat Izin Mengemudi (SIM) sebanyak 110 lembar, Surat Tanda Nomor Kendaraan (STNK) sebanyak 140 lembar dan ranmor sebanyak 17 unit.

Dia mengungkapkan, selama operasi Zebra Menumbing 2o22 terjadi satu kasus kecelakaan lalu lintas (Lakalantas).

“Pada pelaksanaan Operasi Zebra Menumbing 2022 ini mengedepankan kegiatan edukatif dan persuasif serta humanis didukung penegakkan hukum secara elektronik atau teguran simpatik sehingga mampu menciptakan situasi Kamseltibcar lantas yang tertib dan mewujudkan rasa simpatik masyarakat terhadap Polri khususnya fungsi lantas dengan harapan menurunnya angka pelanggaran, menurunnya angka fatalitas korban kecelakaan lalu lintas, dan meningkatkan disiplin masyarakat dalam berlalu lintas,” katanya.

Kasatlantas Iptu Abdul Haris menambahkan, selama pelaksaan operasi tersebut anggotanya juga melakukan kegiatan Dikmas Lantas seperti kegiatan Himbauan di media sosial, media cetak, elektronik, serta melalui spanduk dan baleho.

Selain itu, juga memberikan himbauan Prokes di warkop serta di pusat-pusat kegiatan masyarakat baik itu pasar, toko, swalayan maupun taman hiburan. Bahkan, ada pembagian leaflet, sticker, spanduk, dan bilboard sebanyak 1388 buah.

“Operasi kepolisian Zebra Menumbing ini telah berakhir, selanjutnya kami menunggu arahan dari pimpinan terkait anev pelaksanaan tugas kedepan khususnya di bidang lalulintas, kami juga menghimbau kepada masyarakat, kendati operasi sudah selesai tetap patuhi peraturan lalu lintas dan melengkapi kelengkapan kendaraan,” tutupnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *