Ajeng, Atlet Voli Cantik Asal Damar di Kancah Proliga hingga ASEAN School Games

Ajeng, Atlet Voli Cantik Asal Damar di Kancah Proliga hingga ASEAN School Games

Beltimnews.com, Damar – Menjadi atlet Voli profesional dan bermain mewakili negara tentu menjadi cita-cita bagi sebagian remaja di Indonesia.

Tak terkecuali bagi Ajeng Viona Adelea (19) gadis cantik yang berasal dari Desa Sukamandi, Kecamatan Damar, Kabupaten Belitung Timur. Putri dari pasangan Andri dan Veronica ini sudah mengikuti perlombaan olahraga tersebut sejak duduk di kelas 4 Sekolah Dasar (SD).

Selalu mendapatkan dukungan sejak kecil dari sang ibu yang juga pemain voli, membuat Ajeng makin bersemangat dalam mengejar cita-citanya.

Gelar demi gelar ia raih di tingkat kabupaten maupun provinsi, bahkan Ia juga mengikuti pertandingan pada pekan olahraga pelajar wilayah (Popwil) di Riau, saat dirinya masih duduk di kelas 2 SMP.

Karena prestasinya yang mentereng, Ia sempat mendapatkan tawaran dari temanya yang merupakan pemain Timnas untuk melanjutkan sekolah di SMA Ragunan Jakarta (sekolah para pelajar olahragawan), Namun pada saat itu ia tidak mendapatkan izin dari orang tua dan memilih bersekolah di SMAN 1 Damar.

Setahun berselang ia kembali mendapatkan tawaran dari temanya untuk seleksi menjadi pemain club Bank Jatim, akhirnya dia berangkat dan memutuskan untuk pindah sekolah ke SMA Negeri 17 Surabaya, dengan semua biaya pendidikanya ditanggung klub yang merekrutnya tersebut.

Belum genap setahun menjadi pemain Bank Jatim, Ajeng terpilih menjadi salah satu atlet yang mewakili Indonesia dalam ajang ASEAN School Games (ASG) 2019 di Semarang, di mana Indonesia berhasil merebut medali perunggu.

Tak sampai di situ, ia juga ikut dalam ajang Proliga putri tahun 2020 bersama team Gresik Petrokimia dan terpilih menjadi salah satu dari 14 pemain voli putri Indonesia untuk kualifikasi olimpiade Tokyo 2020.

Sempat alami cedera pada 2021 lalu, membuatnya harus menepi dari lapangan selama 7 bulan dan pulang ke kampung halamannya di Belitung Timur untuk pemulihan.

“Awalnya aku sempat trauma karena proses penyembuhan cideranya lama dan takut tidak bisa kembali ke performa awal, tapi dukungan orang tua dan kawan-kawan semua membuat aku bangkit untuk main lagi di Bank Jatim,” kata Ajeng.

Saat ini Ajeng sudah berlatih bersama rekan-rekannya di Bank Jatim dan berharap ke depannya bisa bermain lagi di Proliga dan Timnas Voli Putri Indonesia.

Meski aktivitas sehari-harinya dipenuhi dengan latihan, Ajeng tidak lupa dengan pendidikan. Ia pun memilih melanjutkan kuliah di Universitas Kartini Fakultas Ekonomi jurusan Manajemen di Surabaya.

Ia berpesan kepada anak-anak muda di Belitung Timur yang pengin jadi atlet profesional untuk terus semangat dan pantang menyerah dalam meraih impian.

“Terus disiplin karena usaha tidak pernah mengkhianati hasil, heaters banyak cuekin aja, karena orang tidak tahu perjuangan kita seperti apa dalam mengejar cita-cita,” ujarnya.*

(Mario | Beltimnews.com)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *