Antisipasi Penyebaran HIV/Aids, Bupati Burhanudin Instruksikan Seluruh Kades Data Penduduk Pendatang

Beltimnews.com, Manggar – Bupati Belitung Timur (Beltim), Burhanudin instrusikan seluruh Kepala Desa untuk melakukan pendataan terhadap warga pendatang.

Hal itu ditegaskannya guna mengantisipasi penyebaran penyakit Genorhea, Sifilis dan HIV/Aids. Karena berdasarkan data Dari Dinas Kesehatan, Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana(DKPPKB) Kabupaten Beltim, penderita penyakit tersebut sudah mengkhawatirkan jumlah penduduk Beltim.

“Di sini maksudnya kita bukan anti warga pendatang, cuma bagaimana kita menata kependudukan, agar semua berjalan dan teratur,” Kata Burhanudin dalam Rakor Forkopimda tentang penanganan kasus kekerasan anak di wilayah Beltim, Senin (29/8/2022) lalu.

Dia mengatakan, penyakit HIV/Aids tidak bisa dilihat secara langsung oleh mata, sehingga dikhawatirkan kedepannya terutama di wilayah Kecamatan Gantung, penyebarannya akan sulit dikendalikan.

“Di wilayah Gantung khususnya, pendatang luar biasa banyak sehingga Kades harus melakukan pendataan secara detail, jangan sampai satu kontrakan isinya 5 kepala keluarga, penderita HIV/Aids ini jangan-jangan bukan hanya warga kita, bisa jadi dari warga pendatang,” jelasnya.

Namun demikian sampai saat ini kata Bupati Burhanudin, terkait data pasti penyebaran penderita HIV/Aids di Beltim belum dia terima dari Kepala DKPPKB.

“Penderita ini tentunya tidak akan menemui tenaga kesehatan di puskesmas untuk melakukan konsultasi atau pengobatan, biasanya mereka akan membayar perawat-perawat yang baru lulus untuk menyuntikkan obat kepada mereka,” bebernya.

(Teguh)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *