Kurang 2,2 Miliar? Beltim Tak Cukup Anggaran Kirim Atlet ke Porprov 2023 Bangka Barat

Kurang 2,2 Miliar, Beltim Tak Cukup Anggaran Kirim Atlet ke Porprov 2023 Bangka Barat

Beltimnews.com, Manggar – Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Kabupaten Belitung Timur (Beltim) kekurangan anggaran untuk mengirim atlet ke Bangka Barat dalam event Pekan Olahraga Provinsi (Porprov) 2023.

Terkait hal tersebut, KONI bersama Komisi III Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) serta Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) menggelar rapat pemaparan dan kebutuhan konkrit KONI dalam rangka pelaksanaan Porprov 2023 di Bangka Barat, Senin (8/8/2022).

Dalam rapat tersebut, Ketua Komisi III DPRD Kabupaten Beltim, Jafri, menyebutkan anggaran atlet untuk ke Bangka Barat pada tahun 2023 dari Dispora hanya mencapai 4,1 miliar. Sedangkan anggaran pada empat tahun yang lalu sebesar 13 miliar untuk mengirim atlet ke Bangka Tengah.

“Jadi pada rapat pertama dua minggu yang lalu, anggaran dari Dispora itu 4,1 miliar sedangkan anggaran sebelumnya empat tahun yang lalu itu 13 miliar. Sekarang kok untuk ke Bangka Barat cuman 4,1 miliar,” ujar Jafri Ketua Komisi III DPRD kabupaten Beltim kepada Beltimnews.com, Senin (8/8/2022).

Untuk diketahui, rapat kali ini merupakan kelanjutan dari rapat sebelumnya. Karenanya Jafri juga menjelaskan, pada rapat dua minggu lalu Sekda selaku ketua Tim Anggaran Pemerintah Daerah (TPAD) meminta perincian secara konkrit, rincian kebutuhan-kebutuhan dari KONI untuk pelaksanaan Porprov tersebut.

“Dua minggu yang lalu pak sekda meminta rincian kebutuhan KONI sehingga pada rapat kali ini kami minta paparkan sehingga kita tahu kebutuhan konkritnya seperti apa dan kebutuhan anggarannya terpenuhi atau tidak,” katanya.

Dari hasil rapat, Jafri membeberkan bahwa kebutuhan KONI untuk Porprov tahun 2023 mencapai 8,2 miliar. Dengan demikian, kebutuhan anggaran yang masih belum tertutupi sebesar 2,2 miliar.

“Anggaran awal dari Dispora kan 4,1 miliar. Setelah dilihat ada tambahan sebesar 400 juta dari Dispora jadi 4,5 miliar. Kemudian ada anggaran terkemuka sebesar 1,5 miliar dari APBD jadi masih kurang 2,2 miliar, tapi tadi belum disepakati,” tuturnya.

Dalam kesempatan itu, Jafri menyebutkan pihak KONI sempat memutuskan untuk tidak akan mengirimkan atlet pada Porprov 2023. Sehingga ia berharap agar pemerintah daerah bisa mempertimbangkan anggaran terkait, karena bagaimanapun menurutnya olahragawan merupakan duta kabupaten yang akan membawa nama baik daerah.

“Kepada pemerintah daerah kami berharap dipertimbangkan karena ini membawa nama baik daerah. Karena kalau tidak mengirim kontingen bisa menjadi hal yang kurang baik bagi daerah kita, dukungan anggaran itu penting. Nanti prestasi atlet bukan naik malah turun,” tutupnya.*

(Teguh | Beltimnews.com)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *