Bersama Pemkab Beltim, PT Timah Tbk Revitalisasi Kawasan Bendungan PICE Dengan Menanam Pohon

Beltimnews.com, MANGGAR – Cegah bencana banjir terjadi di wiayah pemukiman masyarakat yang dekat sungai lenggang, PT Timah Tbk lakukan penanaman pohon revitalisasi di kawasan Bendungan Pice Kecamatan Gantung, Kabupaten Belitung Timur pada Kamis (23/12/2021).

Penanaman pohon dilakukan oleh Wakil Bupati Belitung Timur Khairil Anwar bersama General Manager PT Timah Tbk Wilayah Bangka Belitung, Robertus Bambang Susilo beserta jajarannya, pihak Desa.

Khairil ditemui diselah kegiatan, menyampaikan rivitalisasi ini diadakan berkenaan dengan kejadian beberapa tahun lalu, yakni terjadinya banjir rob di kawasan Kecamatan Gantung, yang menyebabkan tanah terkikis.

“Kami berharap walaupun tidak bisa kembali ke kondisi awal, paling tidak lokasi ini bisa di manfaatkan sebagai lokasi untuk tanaman buah asli Belitong, sehingga kawasan ini menjadi kawasan ramah lingkungan,” ujar mantan Camat Gantung tersebut.

Dia menyampaikan Pemerintah daerah akan tetap mendukung, walaupun lokasi tersebut masuk dalam IUP PT Timah.

“Pak GM juga mengatakan akan mendorong kawasan revitalisasi tersebut menjadi hutan kota kecamatan,” ucapnya.

Sementara itu, Robertus ditemui dilokasi yang sama, ditanya berkenaan dengan program revitalisasi di seputaran kawasan Bendungan Pice, dia menjelaskan beberapa tahun lalu kawasan bendungan Pice terdampak paling parah akibat banjir, dan juga ada aktifitas penambangan ilegal yang tidak terkendali.

“Kita semua mengetahui Bedungan Pice merupakan warisan heritage budaya yang sangat penting bagi daerah ini, dan sebagai penerus, kita wajib melestarikannya, akibat dampak kerusakan banjir dan aktifitas tambang ilegal. Maka dengan adanya kerjasama yang baik antar PT Timah tbk dengan masyarakat kami bisa menata ulang tempat ini,” ujarnya.

Tujuan dari Revitalisasi tersebut, katanya adalah ekonomi, memberdayakan masyarakat dan mengembalikan kembali fungsi lokasi tersebut dengan penghijaun kembali.

“Seperti hari ini dilakukan penanaman pohon, ekspetasi harapan dari Pak Wakil Bupati agar menjadi hutan Kota Kecamatan, kami sangat mendukung, karrna PT Timah juga memiliki Kantor di Kecamatan Gantung, dan merupakan daerah yang penting bagi PT Timah di Belitung Timur, sudah sewajarnya apabila memperhatikan. Hutan kota mari kita wujudkan kita berikan legasi bagi daerah ini,” ujarnya.

Dia menambahkan PT Timah memiliki komitmen untuk melakukan reklamasi paska tambang.

Kegiatan tersebut di pantau oleh kementrian, dan harus dilaporkan. Tidak hanya menanam saja, tanaman tersebut juga harus dirawat.

“Karena ada yang namanya jaminan reklamasi, dan tidak bisa dicairkan kalau belum dinyatakan selesai. Jadi PT Timah hadir untuk tetap memperhatikan kearifan lokal, bahwa tambang pasti membuka lahan, dan semaksimal mungkin harus dikembalikan dan manfaat selanjutnya, tempat reklamasi tersebut bisa dimanfaatkan masyarakat sebagai tempat wisata,” ujarnya.

(lui)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *