Bertahun – Tahun Rumah Warga Minapolitan Seberang Tak Dapat Kepastian, Ketua DPRD Beltim Panggil Dinas Terkait

Beltimnews.com, Manggar – Sudah bertahun – tahun warga perumahan Minapolitan yang berada di Jl. Sulawei Seberang Desa Baru, tak memiliki kepastian atas hak kepemilikan rumah maupun lahan yang mereka tempati. Hal tersebut membuat Ketua DPRD Belitung Timur memanggil Dinas terkait agar permasalahan tersebut dapat cepat terselesaikan. Jum’at (3/11/2021)

M. Arsyad (57) salah satu penghuni rumah minapolitan tersebut mengatakan, jika awalnya mereka direlokasi dari pemukiman yang ada di Desa baru pada tahun 2015. Dan yang ia ketahui bantuan rumah baru tersebut berasal dari Kementerian Perumahan Rakyat.

Namun setelah ia tinggal disana bersama keluarganya, hingga sekarang ia belum pernah menerima surat apapun terkait kepemilikan rumah yang ia tinggali sekarang.

“kami sudah ke Desa Baru untuk menanyakan kejelasan tempat tinggal kami ini, namun sampai sekarang tidak ada hasil. Jadi kami pikir aduan kami ini sia – sia,” ungkap M. Aryad yang akrab di panggil Acak

Acak juga mengatakan, ia sangat berharap adanya kejelasan dari Pemerintahan Daerah agar dirinya berserta warga lain yang juga menempati rumah itu, mendapatkan kepastian.

Menanggapi aduan masyarakat tersebut, Ketua DPRD Belitung Timur Fezzi Uktlseja, SE, MM mengatakan, jika memangĀ ada laporan masyarakat ke DPRD, terkait masalah Minapolitan (Perumahan). Permasalahan yang disampaikan bahwa permasalahan mereka tidak pernah selesai. Dari masalah banjir Rob, insfrastruktur tidak dibenahi dan kejelasan lahan.

“Jadi saya sudah memanggil Dinas Bakuda (Badan Keuangan Daerah), Dinas Perikanan. Bagian Ekonomi dan Pembengunan (Ekbang). Kuncinya adalah kalau insfratstruktur harus dibenahi, maka kawasan itu asetnya harus selesai, tidak mungkin kita menggunakan dana APBD namun asetnya belum selesai,” ujar Fezi

“Kalau dari Dinas perikanan tadi, untuk rumah (aset) sudah tercatat. Karena kan rumah itu program pusat dan belum tercatat sebagai aset kebupaten. Tetapi kami mendorong agar ini cepat. Nantikan kalau sudah menjadi aset Pemerintahan Derah, apakah diberikan masyarakat atau bagaimana?,” lanjut Fezzi lagi

Fezzi pun menyimpulkan jika ada 2 permasalahan utama yang harus segera diselesaikan oleh Pemerintahan Daerah Kabupaten Belitung Timur.

“Yang kami dapat itu ada 2 hal, yang pertama aset rumah dan yang kedua masalah lahan. Kalau rumah itu dari Dinas Perikanan, kalau lahan mungkin dari Pemerintahan Daerah yang memberikan pengumuman bahwa itu adalah aset mereka,” jelas Ketua DPRD Beltim

Fezzi juga mengharapkan Pemerintahan Daerah peka akan nasib warga perumahan minapolitan tersebut, pasalnya sudah bertahun – tahun warga Desa Baru tersebut menempati rumah tinggal tersebut dengan ketidak pastian.

“Kasihan jugalah dengan warga yang telah tinggal di dearah tersebut sudah bertahun – tahun, tetapi tidak ada kejelasan hak milik tanah sampai fasilitas yang lainnya. Sementara kalau kita lihat dikawasan rumah tersebut malah banyak bertambah rumah – rumah baru. Nah ini jadi PR Pemerintahan Daerah, ini bagaiamana kejelasannya?,” tandas Fezzi

Hingga saat ini, ada 152 unit rumah yang telah dibangun dikawan minapolitan tersebut. Serta dihuni oleh 206 Kepala Keluarga yang sebagian besar berprofesi sebagai nelayan.

(Wahyu)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *