Besok!! 500 Massa Petani Sawit Akan Demo Di Kantor Bupati & DPRD Belitung Timur, Ini Tujuannya

Beltimnews.com, MANGGAR – Asosiasi Petani Kelapa Sawit Indonesia (APKASINDO) Daerah Belitung Timur akan menggelar aksi Demo di Kantor Bupati dan Kantor DPRD Belitung Timur. Aksi masa tersebut akan dilaksanakan pada hari Selasa (17/5/2022) pukul 09.00 wib.

Dwi Nanda Putra selaku koordinator lapangan mengatakan, jika ada sekitar 500 hingga 1000 petani sawit yang ada di Belitung Timur yang akan hadir dalam aksi damai tersebut. Aksi tersebut juga sebagai bentuk untuk menampung aspirasi para petani yang kini tengah mengalami kesulitan menjual hasil sawitnya ditengah larangan ekspor CPO keluar Negeri.

“Kita dari APKASINDO mengakomodir menampung aspirasi masyarakat yang selama ini terjadi kegaduhan, salah satunya petani yang ada di Belitung Timur sulit menjual hasil produksi sawit mereka kepada perusahan – perusahaan,” kata Dwi Nanda Putra yang juga Anggota Komisi II DPRD Belitung Timur ini.

Ia menyebutkan bila ada beberapa poin yang akan di sampaikan terhadap Pemerintah Daerah dalam aksi damai tersebut, diantaranya meminta Bupati Belitung Timur menekan perusahan sawit yang ada di Belitung Timur untuk menerima Tandan Buah Sawit (TBS) dari masyarakat.

“Melalui Pemerintahan Kabupaten Belitung Timur kita meminta solusi bagaimana caranya mencabut larangan ekspor itu, Bupati mempunyai otoritas menyampaikan aspirasi masyarakat langsung ke Presiden. Dan kami meminta Pemda dapat memberikan usulan kepada Presiden untuk mencabut larangan ekspor tersebut,” ujar Erwin, sapaan akrab Dwi Nanda Putra

“Kita minta juga Bupati segera berdiskusi terhadap perusahaan – perusahaan kelapa sawit yang ada di Belitung Timur, untuk menampung hasil sawit masyarakat” sambungnya lagi.

Erwin pun berharap Pemerintah Daerah mampu mendengar serta memberikan solusi terhadap Petani Sawit yang kini terkena imbas dari larangan ekpor tersebut. Karena menurutnya perputaran ekonomi di Belitung Timur juga banyak dipengaruhi oleh hasil dari perkebunan kelapa sawit.

Berikut 3 Tujuan Aksi masa :

1. Meminta Presiden Joko Widodo, melalui Bupati, Untuk Meninjau Ulang Kebijakan Larangan Ekspor Sawit dan Produk Minyak Goreng serta Bahan Bakunya karena dampaknya langsung ke harga TBS Petani.

2. Meminta Bupati mendukung distribusi MGS terkhusus yang subsidi BPDPKS di Kabupaten Belitung Timur

3. Meminta Bupati supaya mendukung pendirian PKS dan Pabrik Minyak Goreng Petani di Kabupaten Belitung Timur

(Wahyu)

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *