Bupati Beltim Sayangkan SK Gubernur Babel Tak Dianggap

Beltimnews.com, Manggar – Bupati Belitung Timur, Drs Burhanudin sangat menyayangkan batalnya pelantikan Marwan sebagai Wakil Ketua DPRD Beltim. Menurutnya hal itu akan berdampak kepada kinerja pemerintahan daerah kabupaten belitung timur. Selasa (14/11/2023).

“Kami dari eksekutif hanya meneruskan dan melanjutkan apa yang telab diputuskan dilembaga legislatif sampai kejenjang yang lebih tinggi, intinya apa yang telah dilaksanakan pada hari ini secara prosedural, administrasi pemerintahan sudah dijalankan. Namun dikarenakan sesuatu hal pihak pengambil sumpah yakni Pengadilan tidak hadir maka sidang paripurna tidak dapat dilanjutkan,” ujar Bupati Beltim

Bupati juga meminta agar pelantikan ini segera dilaksanakan, agar tak menghambat fungsi DPRD sebagai legislatif dalam membantu pemerintah daerah menjalankan roda pembangunan.

“Kita tunggu jadwal selanjutnya dari Dewan kapan pelantikan ini dapat dilaksanakan, kami pemerintah berharap ini segera dilantik agar kinerja DPRD sebagai lembaga legislatif dapat menjalankan fungsinya dalam membantu eksekutif dalam menyelenggarakan pemerintah bisa terwujud dan berjalan dengan baik,” kata Burhanudin

Sebelumnya DPD Partai Keadilan Sejahtera Belitung Timur merotasi jabatan Kadernya yang duduk di DPRD Beltim. Diantaranya Rohalba yang menduduki jabatan Wakil Ketua digantikan oleh Marwan yang menjabat sebagai anggota komisi 3 DPRD Beltim.

Namun proses tersebut mandek hingga 3 bulan lamanya sejak bulan Agustus, dikarenakan pengadilan negeri menunggu putusan Rohalba yang menuntut DPP PKS ke meja hijau diduga karena tak terima adanya rotasi tersebut.

Meskipun begitu, Surat Keputusan Gubernur Provinsi Bangka Belitung telah terbit dan memutuskan agar DPRD melantik Marwan sebagai Wakil Ketua DPRD. Akan tetapi Pengadilan Negeri Tanjungpandan tak hadir saat sidang paripurna istimewa yang digelar pada hari ini Selasa (14/11).

Alasannya menurut Ketua DPRD Belitung Timur, Fezzi Uktolseja belum ada putusan dari sidang terkait tuntutan rohalba.

“Kami akan menjadwalkan ulang, tapi kami juga meminta sulosi agar pelantikan ini dapat berjalan dengan baik dan lancar. Karena kalau sekarang ini sudah pasti ada yang dirugikan karena ada pihak yang tidak hadir,” Pungkas Fezzi.

(Wahyu)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *