Bupati : WPR Tidak Semudah Membalikan Telapak Tangan

Beltimnews.com, MANGGAR – Bupati Belitung Timur, Drs. Burhanudin mengatakan jika pengajuan izin Wilayah Pertambangan Rakyat (WPR) tidaklah semudah membalikan telapak tangan. Untuk itu ia tidak melarang masyarakat untuk menambang timah dilokasi yang tidak melanggar hukum.

“Proses bukan semudah membalikan telapak tangan, tapi kalau masyarakat ingin menambang ya silahkan, kita tidak pernah melarang. Tetapi di daerah tertentu, jangan menambang di daerah yang dilarang,” ujar Burhanudin

Ditanya soal kapan kepastian WPR dapat dinikmati masyarakat penambang, Bupati menyampaikan jika penetapan area kini tengah dilakukan oleh setiap Desa Di Belitung Timu. Namun pihaknya masih menunggu kepastian kembali dari pihak Provinsi Bangka Belitung.

“Untuk proses WPR, nanti ditentukan oleh desa wilayahnya. Nantikan diplotting dulu. Kalau dari provinsi pasti mereka sudah punya data. Jadi kita tunggu saja,” kata Bupati Beltim

Diketahui sebelumnya, masyarakat penambang timah terpaksa menghentikan aktivitasnya lantaran adanya penertiban dari Gakkum Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan.

Penertiban tersebut dilakukan setelah adanya surat dari Bupati Belitung Timur untuk menertibkan aktivitas penambang timah yang mencemari lingkungan.

Dampaknya, masyarakat kini tak lagi bisa menambang. Apalagi hanya hitungan hari sudah memasuki bulan Ramadhan.

(Wahyu)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *