Cegah Lonjakkan Covid-19 Terjadi Lagi, Satgas Kecamatan Kelapa Kampit Lakukan Sosialisasi

Beltimnews.com, KELAPA KAMPIT – Satgas Covid-19 Kecamatan kelapa kampit, lakukan Sosialisasi Kepada tokoh masyarakat dan tokoh agama guna penegakan disiplin protokol kesehatan, pencegahan dan penyebaran Covid-19 bertempat di Gedung Serbaguna Kecamatan Kelapa Kampit.

Asisten I Setda Kabupaten Belitung timur, Sayono dalam sambutannya menyampaikan pandemi Covid-19 dua tahun tentunya berdampak banyak baik dari sisi kesehatan maupun perekonomian.

Dia mengatakan Pemerintah daerah melalui kebijak Рkebijakan berusaha secara maksimal l, guna menangani covid-19, untuk itu perlunya kerja sama dukungan seluruh masyarakat, menerapkan Protokol  kesehatan (Prokes) dan melakukan vaksinasi Covid-19.

Di temui usai membuka sosialisasi tersebut Sayono, berpesan kepada para tokoh agama agar menjadi contoh warganya terutama dalam penerapan prokes dirumah Ibadah.

“Karena masih dalam situasi pandemi, penyebaran Covid-19 masih masif, hal ini disebabkan karena masih yang tidak disiplin dalam penerapan prokes, tidak tertibnya terhadap prokes bisa disebabkan karena tidak pahamnya atau memang bandel,”ujarnya, Senin (6/12/2021)

Oleh karena itu, kata Sayono, Satgas Covid-19 tidak boleh tinggal diam, sosialisasi dampak pandemi Covid-19 harus terus dilaksanakan, khususnya melalui warga yang memiliki peran penting seperti tokoh agama dan tokoh masyarakat.

“Tujuannya agar tidak terjadi lonjakan, dan dapat menekan Covid-19. Seorang tokoh agama, tentunya memiliki tanggung jawab moril karena mereka yang akan ditiru oleh masyarakat lain. Prinsipnya mulai lah (prokes) dari diri kita sendiri,” ujarnya.

Sosialisasi ini juga melibatkan unsur TNI Polri, dan Dinas Kesehatan Belitung Timur, Kecamatan, dan Kepala desa yang ada di wilayah kecamatan kelapa Kampit.

Sementara itu, Ketua Satgas Covid-19 Kelapa Kampit, Syahril menyampaikan tujuan sosialisasi kepada tokoh agama dari seluruh agama yang ada di lingkup Kelapa kampit, guna memberikan pemahaman bagaimana perkembangan, penyebaran dan pengendalian yang terjadi saat ini.

“Mereka diminta untuk menyampaikan juga ke masyarakat, karena tokoh agama memiliki peran penting, yang setiap hati berhubungan langsung dengan masyarakat, setelah mereka paham, mereka dapat menyampaikan kepada masyarakat dilingkungan masjid maupun gereja,” ujar pria yang juga menjabat sebagai Camat Kelapa Kampit itu.

Dia berharap kecamatan kelapa kampit, akan dapat zero Covid-19, dan tahun 2022 akan lebih leluasa dengan melandainya Covid 19, namun dengan begitu dia mengatakan masyarakat jangan sampai terbuai sehingga lalai akan Prokes.

“Saat ini ada di Kelapa Kampit hanya tinggal dua kasus positif, tracking nya hanya beberapa orang hanya saja tidak meluas. Dan kami berusaha satgas kecamatan bersama Danramil dan Kapolsek mengimbau masyarakat jangan sampai abai,” ujarnya.

Dia mengatakan untuk capaian vaksin di Kelapa Kampit saat ini sudah mencapai 85 persen, yang mana beberapa waktu lalu Koramil 0414/05 Kelapa Kampit juga melakukan vaksin jemput bola.

Satu diantara peserta, yakni ketua DMI Kecamatan Kelapa Kampit Ustadz Fajar Ahmad, mengatakan untuk penerapan prokes di masjid-masjid sesuai dengan intruksi

“Disini ada sebanyak 17 Masjid, semuanya menerapkan protokol kesehatan, seperti pakai masker dan jaga jarak. Dan beberapa waktu lalu sesuai dengan intruksi, kami juga sudah mulai merapatkan shaf, beberapa anjuran sudah diperbolehkan,” ujarnya.

(lui)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *