Cuma Kantongi 3 Emas, Ini Sebab Kontingen Beltim Anjlok di Posisi 6 POPDA XI Pangkalpinang

Cuma Kantongi 3 Emas, Ini Sebab Kontingen Beltim Anjlok di Posisi 6 POPDA XI Pangkalpinang

Beltimnews.com, Manggar – Kabupaten Belitung Timur (Beltim) harus puas di urutan ke enam dalam Pekan Olahraga Pelajar Daerah (POPDA) Ke-XI Provinsi Kepulauan Bangka Belitung (Babel) yang digelar sejak tanggal 18 hingga 23 Juli 2022.

Dari total 145 medali yang diperebutkan pada POPDA yang diikuti 636 atlet pelajar dari tujuh Kabupaten Kota yang ada di Babel ini, Kontingen Beltim hanya bisa mengumpulkan sebanyak tiga medali emas, lima medali perak dan tujuh medali perunggu.

Adapun rinciannya satu medali emas dari Cabang Olahraga (Cabor) Pencak silat, dan dua medali emas dari Cabor Tinju. Sementara itu satu perolehan medali perak berasal dari Cabor Sepakbola dan empat medali perak lainnya dari cabor Pencak silat.

Selanjutnya satu medali perunggu diperoleh dari Cabor Bola Basket dan enam medali perunggu dari cabor Pencak Silat.

Saat ditemui di kantor Dinas Kepemudaan dan Olahraga (Dispora) Kabupaten Beltim, Selasa (26/07/2022), Kepala seksi (Kasi) bidang Prestasi, Suhendi menilai di antara Cabor yang dipertandingkan di POPDA ke-XI kemarin tidak adanya Cabor Atletik yang merupakan unggulan atlet Beltim. Hal itu menurutnya penyebab dari sedikitnya medali yang diperoleh Beltim.

Selain itu, kata Suhendi, Cabor yang dipertandingkan kebanyakan adalah Cabor yang diperlombakan secara tim, seperti sepakbola. Sehingga jika menang hanya satu medali saja yang bisa diperoleh.

Sebagaimana diketahui, terdapat delapan Cabor yang dipertandingkan dalam event olahraga ini. Di antaranya Sepakbola, Bola Voli, Bola Basket, Bulutangkis, Tenis, Sepak takraw, Pencak silat dan Tinju.

Berbeda halnya dengan Cabor individu seperti pencak silat ataupun tinju yang menurut Suhendi satu atlet bisa bertanding dalam kelas berbeda.

“Biasanya kita unggul dalam atletik, namun pada POPDA ke-XI ini Cabor Atletik tidak dipertandingkan. Dan juga penyebabnya olahraga yang dipertandingkan itu kebanyakan olahraga tim seperti sepak bola sehingga jika menang hanya satu medali saja yang didapat, dan saat kalah kita tidak mendapatkan medali,” ujar Suhendi.

Suhendi berharap ke depannya ada perubahan yang lebih baik dari para atlet Belitung Timur, Dispora akan memberikan support penuh dan melakukan binaan kepada para atlet. Ia juga berharap kerja sama dengan pihak-pihak terkait agar ikut terlibat.

“Semoga ke depannya para atlet bisa mengharumkan nama Beltim menjadi lebih baik, kita akan melakukan binaan dan dukung penuh para atlet pelajar dari mulai SD, SMP, SMA agar semakin baik kedepannya dalam berproses,” katanya.*

(Teguh | Beltimnews)

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *