Deklarasi ODF Kecamatan Simpang Pesak, Harapkan Meningkatnya Derajat Kesehatan Masyarakat

Beltimnews.com, Simpang Pesak – Dalam rangka mencapai sanitasi total melalui pemberdayaan masyarakat, Pemerintah Kecamatan Simpang Pesak menggelar Deklarasi Open Defecation Free (ODF) Kecamatan Simpang Pesak, Kamis (21/10) di Halaman Kantor Kecamatan Simpang Pesak.

Kecamatan Simpang Pesak merupakan kecamatan yang masyarakatnya telah bebas dari perilaku Buang Air Besar Sembarangan. Sebelum dilaksanakan deklarasi tersebut, telah dilakukan verifikasi ODF dari Tim Verifikator Kabupaten.

Dalam sambutannya, Camat Simpang Pesak, Susiawati mengungkapkan sesungguhnya apa yang telah dicapai melalui deklarasi tersebut adalah sebuah proses panjang yang melibatkan peran banyak pihak, dimana tidak mudah merubah perilaku masyarakat untuk tidak buang air besar sembarangan.

“Ini merupakan suatu prestasi dimana bisa sampai ke tahap ini karena ada peran dari seluruh masyarakat dan Dinas terkait serta Puskesmas dan jajarannya,” ungkap Susiawati.

“Terima kasih kepada Bapak Ibu yang telah dapat membawa Kecamatan Simpang Pesak pada prestasi seperti ini,” lanjutnya.

Susiawati menambahkan dampak buang air besar sembarangan cukup besar, selain mengotori lingkungan juga dapat menjadi sumber penyebaran penyakit. Dengan telah digelarnya Deklarasi ODF Kecamatan Simpang Pesak diharapkan derajat kesehatan masyarakat Simpang Pesak meningkat.

“Melalui pencapaian prestasi ini diharapkan masyarakat Simpang Pesak dapat hidup lebih bersih dan sehat serta perilaku stop buang air besar sembarangan dapat berlanjut seterusnya’’, harap Susiawati.

Sementara itu, Kepala Dinas Kesehatan Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana Kabupaten Belitung Timur, Yulhaidir yang membacakan sambutan Bupati Belitung Timur mengatakan penyelenggaraan kegiatan Sanitasi Total Bersumberdaya Masyarakat (STBM) menjadi ujung tombak terwujudnya Kabupaten Sehat bagi seluruh masyarakat Belitung Timur, sehingga diharapkan komitmen dan kerjasama dari seluruh elemen masyarakat.

“Upaya menumbuhkan kesadaran pola hidup kepada masyarakat tentunya tidak semudah membalikkan telapak tangan, namun harus selalu dilakukan secara berkesinambungan”, ujar Yulhaidir.

“Untuk itu, dibutuhkan upaya bersama, mulai dari masyarakat desa, pemerintah desa dan kecamatan serta stakeholder terkait untuk melakukan tugas dan fungsinya dalam upaya mewujudkan STBM di Kabupaten Belitung Timur”, pintanya.

Deklarasi ODF Kecamatan Simpang Pesak ditandai dengan pembacaan pernyataan deklarasi yang dipimpin oleh Camat Simpang Pesak dan diikuti oleh perwakilan masyarakat yang hadir pada kesempatan tersebut.

DISKOMINFO Belitung Timur

(Aj)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *