Dinas Pertanian Belitung Timur Belum Lakukan Pengadaan Bantuan Bibit Tahun 2023

Beltimnews.com, Manggar – Dinas Pertanian dan Pangan (Distangan) Kabupaten Belitung Timur belum melakukan pengadaan untuk bantuan bibit/benih padi bagi para petani di Tahun 2023.

Pasalnya stok benih padi sebanyak 5 Ton di Tahun 2022 lalu, dikatakan Kepala Distangan Belitung Timur, Heryanto masih tersedia alias belum semuanya tersalurkan.

“Kemarin sudah ada kita distribusikan ke kelompok tani. Untuk musim sekarang sudah mereka gunakan, untuk musim tanam berikutnya juga masih ada bibit,” ujarnya.

Dia mengatakan, untuk penyaluran bibit-bibit pertanian, sebelumnya kelompok-kelompok tani harus mengajukan permohonan ke Distangan melalui Penyuluh Pertanian Lapangan (PPL) yang ada di wilayahnya masing-masing.

Sedangkan bagi petani yang belum tergabung di dalam kelompok tani, Heryanto menegaskan juga tetap bisa mendapatkan bantuan bibit. Namun dia menyarankan agar mereka segera membentuk kelompok atau bergabung dengan kelompok yang ada.

Hal tersebut diterangkannya, untuk mempermudah petugas lapangan Distangan dalam melakukan pembinaan dan pemantauan. Selain itu, bantuan lainnya dari pemerintah akan disalurkan melalui kelompok, bukan perorangan.

“Kita juga akan terus memantau sehingga jangan sampai bibit ini diminta saja tapi tidak ditanam. Tapi bibit yang kita berikan ini harus ditanam dan akan dipantau dari masing-masing PPL,” ucapnya.

Selain bibit padi, di Kantor Distangan kata Heryanto juga masih tersedia bantuan bibit-bibit tanaman sayuran yang bisa digunakan oleh para petani.

(Hermansyah)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *