Event JPJR Belitung Timur Kembali Masuk Dalam KEN Kemenparekraf

Beltimnews.com, Manggar – Event Jelajah Pesona Jalur Rempah (JPJR) Kabupaten Belitung Timur kembali lolos dan masuk dalam Kharisma Event Nusantara (KEN) Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) Republik Indonesia.

Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kabupaten Belitung Timur, Evi Nardi mengatakan, peluncuran KEN Tahun 2023 dilakukan langsung oleh Menparekraf Sandiaga Uno pada Sabtu (28/1) kemarin di Taman Mini Indonesia Indah Jakarta.

Dan ikut dihadiri oleh seluruh Gubernur dan Bupati/Wali Kota yang daerahnya dinyatakan lolos KEN. Sementara di Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, hanya Kabupaten Belitung Timur dan Belitung yang eventnya masuk menjadi event nasional KEN.

“Dinas Pariwisata masih mempertahankan event Jelajah Pesona Jalur Rempah ini masuk menjadi event nasional dalam Kharisma Event Nusantara. Ini yang kelima kalinya Belitung Timur lolos dan masuk dalam kalender event nasional, dari tahun 2018,” kata Evi Nardi, Senin (30/1/2023).

Menparekraf Sandiaga Uno Luncurkan Kharisma Event Nusantara di Jakarta

Dia mengatakan, pelaksanaan event JPJR Belitung Timur masih tetap seperti tahun-tahun sebelumnya, yaitu di bulan September. Untuk kegiatannya di Tahun 2023 ini akan dipusatkan di lapangan sepak bola Yagor, Desa Kurnia Jaya Kecamatan Manggar.

“Pelaksanaan tergantung Kabupaten/Kota (tidak serentak), itu dimulai dari bulan januari sampai dengan desember. Masing-masing daerah menentukan waktu pelaksanaannya,” terangnya.

Selain itu, Evi Nardi menjelaskan, dampak serta tujuan dari pelaksanaan event JPJR ini adalah untuk membangkitkan ekonomi, baik itu ekonomi UMKM maupun ekonomi kreatif yang ada di Kabupaten Belitung Timur.

Untuk itu dia berharap, para pelaku UMKM yang ada nantinya akan memanfaatkan dari pelaksanaan JPJR ini dengan ikut berpartisipasi dalam mengisi stand-stand yang disediakan.

“Dan harapan juga, agar kolaborasi antar OPD dalam pelaksanaan even Jelajah Pesona Jalur Rempah tahun 2023 tetap terjalin,” imbuhnya.

(Hermansyah)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *