Hakim Vonis Pelaku Kekerasan Seksual Anak Di Manggar 20 Tahun Penjara

Foto ilustrasi dikutip dari (pngtree.com)

Beltimnews.com, Manggar – Pelaku kekerasan seksual terhadap dua anak usia 7 dan 9 tahun di Kecamatan Manggar Kabupaten Belitung Timur (Beltim) pada Juli 2022 lalu, telah divonis hukuman penjara maksimal 20 tahun.

Demikian disampaikan Ketua Lembaga Perlindungan Anak (LPA) Kabupaten Beltim, Imelda Handayani kepada Beltimnews.com Rabu (9/11/2022). Dia mengatakan, putusan hakim Pengadilan Negeri Tanjungpandan dijatuhkan pada Senin (7/11) lalu.

“Kami melakukan pendampingan sampai proses pengadilan. Untuk kasus ini hakim memvonis maksimum yaitu 20 tahun penjara. Pertimbangan hakim tentu saja mungkin karena pelaku juga pernah melakukan kasus yang sama,” kata Imelda.

Dia menjelaskan, di dalam undang-undang perlindungan anak disebutkan, ketika pelaku merupakan orang terdekat, tokoh masyarakat atau tokoh agama maka hukuman yang dijatuhkan akan jauh lebih berat. Sehingga Jaksa pun akan melakukan tuntutan maksimal.

Selain melakukan pendampingan, Imelda menyebut LPA bersama UPT PPA juga melakukan trauma healing (memulihkan emosi korban dari ketakutan).

Dia menegaskan, kasus pelecehan seksual atau kekerasan seksual anak bukanlah delik aduan. Sehingga penyidik bisa setiap saat dan kapan saja melakukan tindakan tanpa harus melalui persetujuan dari korban.

“Kami mengimbau, ketika masyarakat mengetahui, melihat ataupun mendengar ada anak yang menjadi korban, maka wajib melaporkannya ke LPA atau ke UPT PPA Beltim dan bisa juga langsung ke Polres Unit PPA. Mereka biasanya langsung merespon dengan cepat,” imbaunya.

(Teguh)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *