Harga Beras Kian Naik, Bupati Segera Luncurkan Operasi Pasar

Beltimnews.com, Manggar – Harga beras terus meningkat sejak 2 bulan terakhir. Kini harga termurah beras mencapai 17.000 per kg di pasar tradisional lipat kajang Manggar Belitung Timur. Kenaikan harga ini kian memberatkan masyarakat. Senin (19/2/2024).

Zaini Salah satu agen toko sembako di pasar lipat kajang Manggar mengungkapkan walaupun harga beras terus naik dari awalnya 14 ribu per Kg sekarang sudah menyetuh angka 17 ribu per Kg, namun tidak mengurangi jumlah pelanggan tetapnya.

“Karna kan beras sudah jadi bahan pokok, jadi pembelinya tidak berkurang. Tetapi mereka yang biasanya membeli 10 kg sekarang hanya belinya 5 kg,” ujar Zaini.

Tetapi menurutnya jika harga beras kian terus menanjak, tetap saja memberatkan masyarakat karena ekonomi saat ini sedang menurun menurutnya.

“Kasihan masyarakat, ekonomi kita lagi lesuh jadi beban juga untuk kami para pedagang,” ungkapnya

Tanggapi kenaikan harga beras yang terus meningkat dari awal tahun, Bupati Belitung Timur Drs. Burhanudin mengatakan jika pemerintah daerah sudah mempersiapkan Operasi Pasar yang akan digelar seluruh Kecamatan di Belitung Timur.

“Selain bantuan beras Bulog yang disalurkan ke masyarakat melalui desa – desa selama 6 bulan, kita juga akan melakukan Operasi Pasar dan itu salah satu penekanan yang kita lakukan terhadap kenaikan harga beras,” ujar Bupati

Selain melakukan operasi pasar, Pemerintah juga akan memperkuat ketahanan pangan yang selama ini sudah berjalan melalui dinas terkait.

“Disisi lain ketahanan pangan kita terus ditingkatkan, terutama kepada para petani untuk lebih giat melakukan penanaman padi,” kata Burhanudin

Bupati juga menekankan jika pemerintah akan terus melakukan upaya agar kenaikan harga sembako dapat teratasi di daerah apalagi dapat membuat masyarakat semakin sulit untuk memenuhi kebutuhan pokok hidupnya.

(Wahyu)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *