Harga Cabai di Belitung Timur Makin Pedas Jelang Idul Adha 1443 Hijriah

Harga Cabai di Belitung Timur Makin Pedas Jelang Idul Adha 1443 Hijriah
Pedagang cabai di Pasar Manggar, Belitung Timur. Foto: Rumaryo/ Beltimnews.com

Beltimnews.com, Manggar – Jelang Hari Raya Idul Adha 1443 Hijriah, harga cabai rawit dan cabai keriting masih pedas alias melambung tinggi di Kabupaten Belitung Timur, Senin (04/07/2022).

Harga cabai rawit masih jauh di atas normal sejak sebulan terakhir, yaitu di angka Rp 140-160 ribu per kilogram dari harga normal Rp 40-45 ribu.

Selain itu, cabai keriting juga meningkat sepekan terakhir, dari harga normal Rp 40 ribu per kilogram, sekarang menjadi Rp 120 ribu per kilogram.

Salah satu pedagang sembako, Sandi mengatakan kenaikan harga tersebut disebabkan pasokan stok dari luar Pulau Belitung sangat sedikit .

“Cabai rawit dan cabai keriting naik dikarenakan stok sedikit, karena petani jawa gagal panen akibat musim hujan,”ucapnya.

Di samping itu, dia juga menyampaikan masih ada kemungkinan kenaikan harga cabai maupun komoditas lainnya ikut naik jelang hari Raya Idul Adha.

Hal senada juga disampaikan Jaynudin (34), salah satu penjual Masakan Padang di Kecamatan Manggar. Ia mengaku kenaikan harga tersebut membuat penghasilan mereka berkurang .

“Keuntungan kita berkurang karena cabai mahal, di samping itu saya tidak mau mengecewakan konsumen dengan mengurangi takaran cabai makanan yang saya jual,” ungkapnya.

(Rumaryo)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *