Hari Ke-5 Operasi Keselamatan Menumbing, Polisi Telah Berikan Sebanyak 50 Teguran Tertulis

Beltimnews.com, Manggar – Operasi Keselamatan Menumbing 2023 baru 5 hari berlangsung, Sat Lantas Polres Belitung Timur telah memberikan sebanyak 50 lebih teguran tertulis kepada pengendara yang melanggar aturan berlalu lintas.

Kasat Lantas AKP Abdul Haris seizin Kapolres Belitung Timur AKBP Arif Kurniatan, mengatakan teguran tersebut didominasi oleh pengendara yang tidak menggunakan helm dan kendaraannya tidak lengkap terutama kaca spion.

“Ini masuk hari ke lima. Kita hanya teguran tertulis, tidak tilang. Kalau teguran sudah 50-an,” katanya kepada Beltimnews.com, Sabtu, (10/2/2023).

Dia menerangkan, Operasi Keselamatan Menumbing ini tujuannya adalah untuk memberikan edukasi dan imbauan kepada masyarakat agar mereka selalu mentaati peraturan berlalu lintas.

Selain itu, juga sebagai upaya untuk menekan angka vatalitas kecelakaan yang pada dasarnya disebabkan karena adanya kelalaian dari pengendara.

Misalnya pelanggaran kasat mata bagi pengendara roda dua, tidak memakai helm, knalpot brong, berbonceng tiga, menggunakan hp saat berkendara. Kendaraan roda empat menggunakan safety belt dan muatan lebih. Semuanya kata AKP Haris hanya diberikan edukasi dan imbauan.

“Serta sopir-sopir bus yang membawa wisatawan dari Tanjungpandan ke Beltim kita kasih edukasi dan himbauan juga,” imbuhnya.

Dia berharap, dengan operasi yang dinamakan keselamatan ini, masyarakat senantiasa mentaati peraturan lalu lintas yang berlaku, agar selamat sampai tujuan.

“Kita juga melakukan sosialiasai ke sekolah-sekolah dan menyampaikan himbauan melalui media penyiaran (radio) kepada masyarakat,” katanya.

(Herman)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *