Hujan Deras Akibatkan Beberapa Ruas Jalan Di Belitung Timur Terendam Air, Bupati : Kontruksi Saluran Air Akan Dibenahi

Beltimnews.com, Damar –  Banjir akibat hujan deras kembali menghambat jalur lalu lintas di Desa Sukamandi Kecamatan Damar, Sabtu (24/9/2022).

Anggota BPBD Kab. Belitung Timur, Temi mengatakan air yang menggenang sekitar 300 meter dan sebanyak 15 rumah warga terdampak.

“Untuk waktu diperkirakan dari jam 07.15 sampai jam 13.28 air masih tinggi sekitar lutut orang dewasa. Dan untuk surutnya air belum bisa diperkirakan karena air di hulu dan hilir masih terdampak. Jadi belum bisa memprediksikan kapan air bisa surut,” ujarnya.

Sementara itu, ditempat yang sama, Bupati Belitung Timur, Burhanudin mengatakan penyelesaian dari tergenangnya air dibadan jalan ini harus dengan kontruksi pada saluran hulu dan hilir.

“Jadi kita sudah berkoordinasi dengan DPRD Provinsi serta koordinasi dengan PT. Timah untuk menggunakan alat mereka dalam membuka alur pembuangan hilir,” ucapnya.

Disampaikannya lebih lanjut, penyebab tergenangnya air dibadan jalan ini adalah di aliran yang tersumbat.  Sehingga saat air masuk, semua tergenang.

“Jadi kita sekarang meminta penanganan sementara supaya air tidak tergenang dirumah masyarakat. Karena memang ada penyumbatan di hilir. Karena bekas tambang-tambang timah disitu jadi air dari hulu deras, hilir nya mandek sehingga air nya kembali ke sini,” jelasnya.

Setelah jalur hilir dibuka, selanjutnya berbagai pihak terkait seperti Dinas Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Kabupaten Belitung Timur akan diundang untuk melakukan pemetaan terkait penyebab persoalan ini.

(Stefy Arola)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *