Impor Beras Dari Luar Daeah, Beltim Gelontorkan Rp. 143 Miliar Per Tahun

Beltimnews.com, Manggar – Kualitas Sumber Daya Manusia (SDM) yang rendah menjadi kendala yang besar untuk meningkatkan produktivitas pertanian di Kabupaten Belitung Timur.

Hal tersebut disampaikan Kepala Dinas Pertanian Kabupaten Belitung Timur, Heryanto kepada Beltimnews.com, Jum’at (6/1/2022) siang.

Heryanto menuturkan akibat produktivitas yang rendah itu, pemerintah daerah terus mengimpor bahan pokok tersebut secara terus-menerus.

Bahkan menurut data yang dihimpun dari Distangan Beltim, masyarakat mengeluarkan dana sebesar Rp 143 miliyar/tahun untuk mengimpor beras dari luar pulau guna memenuhi kebutuhan.

“Lahan kita ada, pupuk dan obat-obatan bisa kita bantu, tinggal kemauan masyarakat untuk terus berinovasi dalam meningkatkan hasil produksinya, sehingga kedepan hasil petani lokal bisa mencukupi kebutuhan masyarakat,” ucapnya.

Selain itu, Dia menjelaskan akan bekerja dengan Balai Latihan Kerja (BLK) dari Kementerian Ketenagakerjaan untuk meningkatkan kualitas SDM para petani di Beltim.

“Di Beltim ini, petani biasanya tidak berproduksi sepanjang tahun karena takut musim hujan, untuk itu semoga dengan pelatihan BLK ini bisa mengatasi hal tersebut sehingga produksi kita bisa meningkat,” ujarnya.

(Mario)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *