Jadi Mitra Binaan PT Timah Tbk Omset Friskila Meningkat, Produksi Berbagai Minuman Kesehatan

Beltimnews.com, Manggar – PT Timah Tbk dorong pelaku usaha, Friskila Mardiana agar tetap eksis dan berkembang di era pemulihan ekonomi saat ini.

Melalui Program Pendanaan Usaha Mikro Kecil (PUMK), PT Timah Tbk berikan modal dan bantu promosi produk olahannya.

Friskila Mardiana, mengolah berbagai produk minuman kesehatan tradisional seperti minuman sari rempah, diantaranya kunyit asam, kunyit asam sirih, kunyit sirih majakani pinang, bandrek, sari kunyit putih, kunyit jeruk nipis dan beras kencur.

Selain itu, dia juga mengolah madu Trigona Friskila rasa, seperti rasa manis, asam manis, pahit, asam, namun rasa madu tergantung dari musim bunga apa di kebun dan sekitarnya.

Produk minuman sari rempah digelutinya sejak Tahun 2017 silam, sedangkan madu Trigona Friskila baru dimulai pada Tahun 2020.

Menurut Friskila, minuman sari rempah itu berawal untuk komsumsi pribadi, namun dia melihat ada peluang usaha sebab kala itu belum banyak minuman sari rempah di Kabupaten Belitung Timur.

Dia mengatakan, proses mengolah Madu Trigona Friskila berawal dari teman yang sudah ternak madu lebih dulu, sehingga dia pun melihat prospeknya cukup bagus.

“Awalnya beli lima sarang, dari sana berkembang menjadi sekarang kurang lebih 150 sarang, 100 sarang dikebun ibu sisanya join dengan temen-temen. Alhamdulillah respon pasar bagus dan bisa berkembang dan banyak reseler untuk produk minuman sari,” paparnya.

Dia menuturkan, perjalanan usahanya sejak Tahun 2017 hingga sekarang tetap eksis dan diterima di pasaran. Bahkan sejak pandemi Covid-19 pun omzetnya meningkat 400 persen.

Kemudian mereka juga menjadi mitra PT Timah Tbk mulai bulan mei 2022 kemarin, ia juga bersyukur setelah menjadi mitra PT Timah Tbk omset mereka juga mengalami peningkatan.

“Alhamdulillah setelah tanda tangan dengan PT Timah Tbk, dan publik melihat kita mitra PT Timah Tbk, banyak masyarakat mencoba produk kita, dari Belitung dan Beltim,” jelasnya.

Selain itu, dia juga memaparkan produk mereka sudah dikirim ke berbagai daerah seperti Malaysia, Pulau Jawa, Papua serta oleh-oleh Kementrian dan dinas-dinas.

“Minuman sari rempah itu pasarannya pulau Belitung kalau Madu Trigona sudah menembus pasaran nasional dan internasional,” terangnya.

Friskila memaparkan, pemasaran produk mereka melalui media sosial yakni Facebook dan Instagram Friskila Natural Beauti sedangkan Wasthap 082371090799 dan rumah produksi atau olahan mereka berada di Desa Padang Kecamatan Manggar Beltim.

Selain itu, mereka sudah pernah meraih 30 besar UMKM rebranding Kementrian Perdagangan RI, dan mendapatkan reward dari Kemenkumham menjadi perusahaan perseorangan sehingga status mereka PT Friskila Beuati dan itu program pemerintah untuk menaikan kelaskan UMKM.

“Kita bisa kirim keluar negeri setelah mendapatkan PT itu melalui toko online,” tandasnya.

(*)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *