Jelang Perayaan Natal dan Tahun Baru, Pemkab Beltim Bersama Forkopimda Gelar Rakor

Beltimnews.com, Manggar – Menjelang perayaan Natal dan Tahun Baru (Nataru), Pemerintah Kabupaten Belitung Timur (Beltim) bersama Forum Komunikasi Pimpinan Daerah Beltim gelar rapat koordinasi (rakor) persiapan Nataru dan antisipasi perkembangan pandemi COVID-19 varian Omicron serta kesiapsiagaan Bencana, Senin (20/12/2021).
Ditemui usai rakor, Heryono Kepala Bidang Penegakkan Hukum Daerah mengatakan, Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) sudah menyiapkan 2 (dua) surat tugas terkait pengamanan yang akan dimulai dari tanggal 23 Desember 2021 hingga 2 Januari 2022 mendatang.
“Satpol PP sudah menyiapkan kurang lebih 90 personil untuk pengamanan perayaan natal yang terdiri dari misa malam dan misa siang pada gereja-gereja  di beberapa kecamatan, serta pengamanan pada Pos Komando Taktis (Poskotis) yang tersebar di wilayah Beltim dengan jumlah personil yang sama,” ucap Heryono.
Dikatakan Heryono, sesuai arahan Bupati Beltim, Satpol PP akan melakukan monitoring di tempat hiburan malam, warung kopi, warung makan dan cafe  untuk mengawasi jam operasional yaitu maksimal pukul 10 malam. Khusus tempat hiburan malam akan lebih diawasi  terkait peredaran minuman keras atau minuman alkohol serta tempat kumpul remaja demi menekan tingkat kriminalitas.
“Bagi yang melanggar, untuk sementara kami akan melakukan pendekatan ataupun sosialisasi, namun tidak menutup kemungkinan kita akan melakukan penindakan apabila sudah keluar jalur,” tegas Heryono.
Selain itu Heryono juga menjelaskan, persiapan Nataru tahun ini berbeda dibanding tahun kemarin. Diperkirakan tahun ini pengamanan akan lebih diperketat mengingat kasus COVID-19 di Beltim sudah menurun sehingga aktivitas masyarakat cenderung lebih terlihat dibanding tahun sebelumnya.
“Kami menghimbau kepada masyarakat Beltim agar perayaan nataru tahun ini untuk tetap sama-sama menjaga prokes demi menghindari penyebaran COVID-19 terutama dengan adanya varian baru ini agar kita semua lebih waspada,” tuturnya.
Hingga saat ini Provinsi Kepulauan Bangka Belitung khususnya Kabupaten Belitung Timur (Beltim) masih belum ditemukan kasus varian baru virus corona berjenis B.1.1.529 atau varian Omicron. Hal ini disampaikan oleh Kepala Bidang Pencegahan dan Pengendalian Penyakit pada Dinas Kesehatan, Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (DKPPKB) Kabupaten Beltim, Supeni yang ditemui usai Rapat Koordinasi (rakor) Forkopimda siang tadi, Senin (20/12/2021).
Supeni menjelaskan, Tracing dan Tracking tetap dilakukan meskipun kasus COVID-19 di Beltim saat ini sudah tidak ada lagi (nol). DKPPKB melakukan antisipasi masuknya varian omicron dengan tetap menganjurkan masyarakat agar tetap menjaga protokol kesehatan (prokes).
“Alhamdulillaah sampai sekarang masih aman, kalau masyarakat tetap menjalankan prokes saya kira kondisi akan tetap aman.  Antisipasinya tetap sama dengan varian sebelumnya. Masyarakat tetap kita anjurkan untuk tetap menjaga prokes, tetap menerapkan 5M,” jelasnya.
Ditambahkan Supeni, masyarakat yang belum melaksanakan vaksin agar segera mendatangi gerai vaksin terdekat. Terlebih untuk anak usia 6-11 tahun Supeni berharap orang tua dapat mendukung program tersebut dengan menyegerakan vaksinasi untuk anak-anak mereka.
“Kami sudah datang ke sekolah-sekolah dan berkoordinasi dengan Dinas Pendidikan Kabupaten Beltim mengenai vaksin anak umur 6-11 tahun ini. Apakah nantinya mereka akan melakukan vaksin di sekolah atau gimana. Namun kami tetap menganjurkan orangtua untuk mendampingi anaknya ke gerai vaksin terdekat yang ada di Kecamatan wilayah Beltim,” tutupnya.
Diskominfo Belitung Timur
(Ln)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *