Kabid Perpustakaan Menyebut Minat Baca Masyarakat Beltim Sangat Rendah

Beltimnews.com, Manggar – Tingkat minat baca masyarakat Kabupaten Belitung Timur (Beltim) masih terbilang sangat rendah, bahkan di skala Internasional menurut data UNESCO minat baca Indonesia sendiri menempati urutan ke 60 dari 61 negara dengan persentase 0,001 %.

Berdasarkan data dari Dinas Perpustakaan (Dispus) Kabupaten Beltim, angka pengunjung perpustakaan umum daerah maupun layanan perpustakaan Kecamatan dan keliling per bulan Agustus Tahun 2022 hanya mencapai 436 orang.

“Angka segitu jika dibandingkan dengan jumlah penduduk kabupaten Beltim masih terbilang sangat rendah. Masyarakat kita biasanya menghabiskan banyak waktu di warkop atau cafe berjam-jam sambil ngegame ketimbang ke perpustakaan,” tutur Kepala Bidang Perpustakaan Dispus Kabupaten Beltim, Lukman Hakim saat ditemui di ruang kerjanya, Jumat (16/9/2022) pagi.

Menurutnya, faktor penyebab berkurangnya pengunjung perpustakaan akhir-alhir ini karena pengaruh iklim dan peralihan masa pandemi. Kendati demikian, Dispus Beltim disebutnya akan terus berupaya menarik minat baca dan tingkat kunjungan masyarakat ke Perpusda.

Seperti mengoptimalkan pengoperasian perpustakaan keliling ke seluruh Desa, penjadwalan sekolah-sekolah untuk melakukan kunjungan massal ke Perpusda, hingga akan adanya peluncuran buku digital pada tahun 2023 mendatang.

“Visi kita kan meningkatkan budaya literasi membaca, kita berharap kedepannya meningkatlah minat baca di masyarakat. Seluruh lini harus mendukung, mulai dari guru dan desa sebagai garda terdepan,” ucapnya.

(Teguh)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *