Kontraktor Proyek Peningkatan Jalan di Simpang Renggiang Diminta Segera Rampungkan Kerjaannya

Kepala Dinas PUPR Belitung Timur Idwan Fikri

Beltimnews.com, Manggar – Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Kabupaten Belitung Timur, Idwan Fikri, meminta kontraktor proyek peningkatan jalan sawah X Jepang, Dusun Aik Ruak Desa Simpang Tiga, Simpang Renggiang segera merangpungkan pekerjaannya.

Karena bila dikatakan ruas jalan yang rusak tersebut sudah selesai dilakukan perbaikannya, tidak sesuai keadaan dan masih banyak yang tidak bagus.

Idwan menerangkan, proyek jalan tersebut sebenarnya harus sudah selesai tanggal 31 Desember 2022 lalu. Namun demikian, keputusannya tidak mengganti kontraktor karena harus menunggu 2 tahun lagi baru bisa dianggarkan untuk melanjutkan proyek tersebut.

Akan tetapi ditegaskannya, kepentingan masyarakat adalah prioritas Pemerintah Daerah, karena di jalan tersebut ada sektor pariwisata yang akan terdampak jika tak segera diperbaiki.

Untuk itu, dia berharap pihak kontraktor bertanggung jawab untuk memperbaiki jalan tersebut di tahap pemeliharaan (pemeliharaan berdurasi 1 tahun setelah proyek selesai) dengan biaya sebesar 5% dari nilai kontrak yang ditanggung kontraktor.

“Jadi maksud kita, di tahap pemeliharaan ini jika cuaca sudah mendukung tolong segera diperbaiki,” kata Idwan kepada Beltimnews.com, Selasa (3/1/2023) saat ditemui di ruang kerjanya.

Untuk informasi, proyek ruas jalan yang terletak di Kecamatan Simpang Renggiang tersebut menelan biaya Rp 2.233.770.000 yang dibiayai oleh APBD Kabupaten Belitung Timur Tahun Anggaran 2022.

Proyek itu mulai dilakukan pada tanggal 15 Juni 2022 dengan 180 hari waktu pengerjaan yang tercantum dalam kontrak. Namun dalam pelaksanaannya pihak kontraktor tidak dapat menyelesaikan proyek sesuai tanggal jatuh tempo yang telah disetujui.

Karena hal itu mereka mendapatkan denda oleh Dinas PUPR sebesar 0,001% dari kontrak atau 2 juta perhari mulai tanggal 11 hingga tanggal 31 Desember.

(Mario)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *