Lewat Gempar, Pemkab Beltim Wujudkan Ketahanan Pangan Masyarakat

Bupati Belitung Timur Burhanudin Berikan Hadiah kepada Pemenang Lomba Gempar

Beltimnews.com, Manggar – Dukung terwujudnya Visi-Misi Bupati dan Wakil Bupati “Yuk ke Ume”, Dinas Pertanian dan Pangan (Distangan) Kabupaten Belitung Timur gelar lomba gerakan menanam pangan di pekarangan (Gempar).

Lomba Gempar tersebut diikuti sebanyak 17 kelompok, yaitu dari Kelompok Wanita Tani (KWT) dan Kelompok Keluarga dan sudah dinilai oleh tim juri pada akhir bulan ini Oktober lalu. Sedangkan pembagian hadiah disampaikan pada Senin (28/11) kemarin di halaman kantor Distangan.

Bupati Belitung Timur, Burhanudin yang hadir langsung dipuncak acara Gempar tersebut menerangkan bahwa kegiatan Gempar dimaksudkan untuk menunjang ketahanan pangan masyarakat.

“Efisiensi ekonomi harus kita lakukan dalam rangka menekan angka inflasi daerah, maka dari itu melalui gerakan-gerakan seperti ini kita berharap dapat menciptakan Ketahanan pangan di masyarakat kita,” katanya.

Bupati Belitung Timur Burhanudin Dorong Semangat Para Kelompok Wanita Tani dan Kelompok Keluarga Tani di Acara Gempar.

Sementara itu, Plt. Kelapa Distangan Belitung Timur, Trijaka Priyono mengatakan lomba Gempar selain untuk menunjang ketahanan pangan keluarga, juga sebagai upaya pemanfaatan sisa pekarangan masyarakat.

“Masyarakat akan merasakan manfaat bertanam di pekarangan sehingga optimalisasi pemanfaatan lahan pekarangan dapat terus berlanjut meskipun sudah tidak ada lomba,” jelasnya.

Di penghujung kegiatan, selain menyerahkan hadiah kepada pemenang lomba, Distangan juga memberikan bantuan berupa uang dan barang untuk beberapa Kelompok Wanita Tani yang dananya bersumber dari DAK non fisik yang difasilitasi oleh Kementerian Pertanian RI.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *