Lidi Sawit Menjadi Terobosan Ekonomi Baru Belitung Timur, Dilirik Hingga Mancanegara

Beltimnews.com, Manggar – Menuju ekonomi baru, PT. Tuah Arkhan Perdana (TAP) membawa terobosan baru untuk masyarakat di Belitung Timur. Langkah baru tersebut ialah memanfaatkan limbah sawit berupa pelepah yang dapat dimanfaatkan menjadi Lidi Sawit, bahkan banyak dilirik oleh Mancanegara.

Direktur Utama PT. TAP Wandi menuturkan, jika Belitung Timur mempunyai potensi bagus terhadap limbah sawit yang ada menjadi ekonomi baru bagi masyarakat Belitung Timur.

Hal itu didasari selama ini banyaknya limbah sawit khususnya pelepah sawit yang tidak terpakai lagi, hanya menjadi limbah yang tidak termanfaatkan dengan baik.

“Saya melihat banyaknya limbah sawit yang bisa diolah dan dimanfaatkan menjadi lidi sawit dan bahkan bisa di ekspor. Ini sangat jelas bisa membantu perekonomi baru untuk masyarakat Beltim,” ujar Wandi

Untuk mempermudah akses masyarakat dalam memproduksi lidi sawit, PT TAP menggandeng CV Putra Gunung Lestari (PGL) yang menjadi mitra utama yang berada di Belitung Timur.

Selanjutnya, CV PGL akan bekerjasama dengan Badan Usaha Milik Desa di Belitung Timur untuk melibatkan masyarakat secara langsung dalan produksi lidi sawit.

“Nanti masyarakat dapat memproduksi limbah sawit menjadi lidi sawit secara mandiri, tetapi tidak lepas dari bimbingan dari Bumdes – Bumdes yang ada di Belitung Timur. Setelah itu Bumdes akan mengirimkan produk lidi sawit tersebut ke CV PGL, dimana nanti lidi sawit tersebut kite ekspor ke luar negeri,” jelas Wandi

Sejauh ini, PT TAP telah melakukan MoU kepada Pemerintah Kabupaten Belitung Timur untuk melakukan investasi jangka panjang. Serta telah mensosialisasi kepada masyarakat secara langsung terkait mekanisme dan cara kerja pembuatan lidi sawit.

“Kami setuju dengan adanya sosialisasi tersebut, karna setelah kami cerna program tersebut bisa memajukan BumDes imbasnya perekonomian masyarakat akan terasa peningkatannya. Tetapi, kami juga meminta agar program tersebut bisa bekerjasama juga dengan perusahaan sawit supaya masyarakat kita aman dari tuduhan,” ucap Yudi Sekdes Desa Renggiang

Sementara itu, pihak Pemkab Belitung Timur yang diwakili oleh Asisten 1 Sayono mengatakan jika investasi baru dari PT TAP sangat selaras dengan program visi misi Bupati Belitung Timur. Hal itu dikarenakan dengan adanya kegiatan peluang ekonomi baru ini, akan berdampak positif bagi masyarakat, diantara lain terbukanya lapangan pekerjaan bagi masyarakat.

“Kami pemerintah daerah sangat mendukung bentuk kerjasama tersebut. Karna ada tujuan untuk masyarakat yaitu membuka lapangan pekerjaan baru kemudian mendongkrak perekonomian masyarakat Beltim.” Kata Sayono

Selain ikatan kerja sama dengan Pemkab Beltim, PT TAP juga melakukan komitmen terhadap Perusahan sawit yang ada di Belitung Timur.

Diantaranya PT. Pratama Unggul Sejahtera (PUS) yang siap bekerjasama dalam hal membangun daerah Belitung Timur, serta memberikan efek kepada ekonomi masyarakat Belitung Timur agar lebih baik.

“Kami sangat support apa yang dilakukan oleh teman-teman Cv PGL, asalkan saling menguntungkan saja. Apalagi berkaitan dengan ekonomi masyarakat kami siap untuk bekerjasama.” ucap Munari perwakilan dari PT. PUS

Selain itu, perwakilan Cv PGL Muhammad Noor Masese menyampaikan jika investasi ini sangat perlu dukungan semua pihak, terutama dari Pemkab Beltim dan juga perusahaan perkebunan sawit yang ada di Belitung Timur.

Menurutnya, ini adalah kesempatan membuka peluang ekonomi baru serta membuka lapangan pekerjaan sebesar – besarnya bagi masyarakat. Apalagi selama ini masyarakat hanya tergantung dari penghasilan biji timah, ditambah lagi akan ada masa habisnya ketika biji timah tidak dapat dicari lagi.

“Kita harus merubah pikiran masyarakat agar tidak Ketergantungan lagi dengan menjadi penambang timah, kita dapat membuka peluang baru yang dapat membangkitkan ekonomi masyarakat secara besar. Contohnya ekspor lidi sawit ke luar negara. Dimana ini sangat dibutuhkan negara lain, dan manfaat ekonominya sangat tinggi,” pungkas M. Noor Masese

(Wahyu/Alfa)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *