Masalah ODF Beres, Bupati Burhanudin: Tinggal Verifikasi dari Pusat

Masalah ODF Beres, Bupati Burhanudin Tinggal Verifikasi dari Pusat
Dokumentasi bersama dalam kegiatan verifikasi ODF atau BABS tingkat Kabupaten Belitung Timur di Ruang Rapat Bupati, Selasa (05/7/2022). Foto: Istimewa/ Prokom Beltim.

Beltimnews.com, Manggar – Bupati Belitung Timur, Burhanudin mengapresiasi upaya para kepala desa serta camat, sebab telah membangun kesadaran masyarakatnya untuk membuat jamban di lingkungan mereka masing-masing.

Hal tersebut disampaikannya saat menghadiri kegiatan verifikasi Open Defecation Free (ODF) atau Stop Buang Air Besar Sembarangan (BABS) tingkat Kabupaten Belitung Timur di Ruang Rapat Bupati, Selasa (05/7/2022).

Sebelumnya perlu diketahui, verifikasi ODF merupakan proses memastikan status ODF suatu komunitas masyarakat, yang menyatakan bahwa secara kolektif mereka telah bebas dari perilaku BABS.

“Alhamdulillah, untuk Beltim saya akan terus memantau agar pak kades, bu kades dan camat. Ini menjadi PR terbesar camat untuk mengingatkan masyarakatnya, masih ada PR-PR yang lain dalam bidang kesehatan yang harus dikejar, harus berkolaborasi dengan kawan-kawan di stakeholder kesehatan,” ujar Burhanudin.

Dia juga menjelaskan, pemerintah kabupaten membutuhkan komitmen dari seluruh stakeholder di daerah, agar masyarakat sadar akan kebersihan dan pola hidup sehat.

Karena progress capaian desa ODF di Belitung Timur disebutnya sudah mencapai 100 persen, namun masih terdapat tahapan lainnya yang harus diselesaikan.

“Target kita sudah selesai dan tinggal verifikasi dari pusat saja,” tandas Bupati*.

(Herman/Rilis)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *