Masuki Persiapan Akhir,Pilkades Serentak 2022 Beltim Akan Diikuti 18 Desa

Beltimnews.com, Manggar – Kepala Seksi Kerjasama dan Administrasi Pemerintahan Desa  pada Dinas Sosial Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DSPMD) Aditya Mirhayandi Kusuma menyampaikan persiapan Pemilihan Kepala Desa serentak tahun 2020 memasuki tahap akhir persiapan.

Pada tahun 2022, ada sebanyak 18 desa yang akan mengikuti pilkades serentak.

Menurutnya anggaran pelaksanaan Pilkades serentak sudah disetujui TAPD.

Berkenaan dengan perubahan Perda nomor 9 tahun 2016 tentang tata cara pemilihan Kepala Desa, dia mengatakan,
ada penambahan Pasal yaitu terkait terbitnya Peraturan Menteri Dalam Negeri Nomor 72 tahun 2020, yakni pelaksanaan pemilihan kepala desa dengan menerapkan protokol kesehatan secara secara ketat.

“Itu semua sudah selesai, hanya tinggal menunggu persetujuan Bupati. Selain itu, ada perubahan pasal lain yang berasal dari hasil rapat pertemuan pihak DSPMD dengan instansi terkait. Yaitu evaluasi atas pelaksanaan Pilkades di tahun-tahun sebelumnya,” ujar Adhitya.

Dia juga mengatakan pada tahun 2022, mereka telah melakukan beberapa pasal revisi seperti penambahan jumlah hari penyusunan DPT, petugas penyesuaian pendataan DPT menyesuaikan dengan jumlah di TPS masing-masing di desa, serta penambahan pasal tentang tugas dan fungsi BPD selaku pengawas.

(lui)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *