Membandel, Kapolres Beltim Bongkar 6 Ponton TI Rajuk Masih Beroperasi di DAS Manggar

Beltimnews.com, Damar – Setelah diperingatkan oleh Kapolres Belitung Timur AKBP Arif Kurniatan untuk segera membongkar Ponton TI Rajuk yang berada di kawasan Hutan Lindung dan Daerah Aliran Sungai Manggar. Ternyata masih ada 6 ponton TI rajuk yang masih membandel melakukan penambangan timah ilegal, Sabtu (20/5/2023).

Atas laporan masyarakat tersebut, Kapolres Beltim langsung meninjau lokasi penambangan tersebut yang berada di Desa Sukamandi, Kecamatan Damar.

AKBP Arif mengatakan jika peninjauan itu dilakukan untuk memantau aktivitas ilegal yang meresahkan masyarakat. Karena semalam, pihak kepolisian sudah meminta kepada pemilik dan para penambang agar menarik ponton ke darat dan membongkarnya.

“Hari ini masih kita temukan enam ponton rajuk meskipun tidak beroperasi. Tapi tetap akan kita bongkar hari ini supaya bersih,” kata Kapolres Beltim

Ia juga kembali menegaskan bila penambangan timah ilegal apalagi berada di lokasi terlarang punya indikasi hukum pidana karena melanggar undang-undang. Karena itu dia mengimbau masyatakat agar berhenti melakukan penambangan sebelum memegang izin.

Sebelumnya Kapolres Beltim telah menghimbau para penambang untuk tidak lagi melakukan aktivitas di daerah HL dan DAS.

“Sudah beberapa kali kami lakukan tindakan persuasif seperti ini. Namun, jika ke depan ditemukan lagi aktivitas ilegal di Hutan Lindung dan DAS Manggar maka akan dilakukan penegakan hukum,” tegas Kapolres Beltim

(Wahyu)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *