Breaking News! Penambang Timah di Kelapa Kampit Tewas di Dalam Lubang, Ini Penyebabnya

Penambang Timah di Kelapa Kampit Tewas di Dalam Lubang, Ini Penyebabnya
Proses evakuasi penambang timah yang tertimbun longsor di Desa Mentawak, Kelapa Kampit, Minggu (17/7/2022). Foto: Istimewa/Dok. Polsek Kelapa Kampit.

Kelapa Kampit , Beltumnews.com – Kecelakaan (Laka) tambang merenggut nyawa kembali terjadi. Kali ini di wilayah Kecamatan Kelapa Kampit, Kabupaten Belitung Timur. Korban meninggal dunia akibat tertindih tanah longsor.

Peristiwa nahas tersebut diperkiraakan terjadi Minggu (17/7/2020) dini hari sekitar pukul 00.00 WIB. Bertempat di Perkebunan Jalan Lama Desa Mentawak Kecamatan Kelapa Kampit.

Korban adalah pria bernama Dendi Firmanto (43) warga Dusun Aik lanci, Desa Air Kelik Kecamatan Damar.

“Korban sudah dievakuasi tadi subuh (17/7/2020), kemudian dilarikan ke Puskesmas Kelapa Kampit dan dibawa ke rumah duka,” ujar Kapolsek Kelapa Kampit, AKP Morhan.

Dia menjelaskan berdasarkan keterangan rekan korban, yakni Asep Sukandar (30) selaku saksi. Saat itu saksi bersama korban sedang bekerja mengambil timah dengan menggunakan mesin Robin Suntik di kawasan kebun Jalan Lama Desa Mentawak.

Awalnya korban sedang menyemprot di dalam Lubang, dan rekan sedang mencuci timah di atas Shakan (pencucian timah),

“Kemudian saat saksi melihat ke dalam lobang, korban sudah tertimbun tanah longsor di dalam Lobang tersebut,” ujarnya.

Rekannya sempat berusaha menyelamatkan korban dengan cara mengeruk tanah menggunakan tangan dan saksi bisa mengambil setengah badan korban.

Namun saat dilihat, korban sudah tidak bernyawa. Kemudian saksi segera berlari untuk meminta pertolongan kepada masyarakat sekitar agar dievakuasi ke Puskesmas Kelapa Kampit.

(Lui)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *