Pertama Di Belitung Timur, Sukamandi Akan Menggelar Pemilihan Kepala Desa PAW

Beltimnews.com, Damar – Sejak beberapa bulan jabatan Kepala Desa kosong, kini Pemerintah Desa Sukamandi siap menggelar pemilihan Kepala Desa penggantian antar waktu (PAW). Dan ini, merupakan yang pertama kali dilakukan di Kabupaten Belitung Timur.

Musyawarah pemilihan akan diselenggarakan pada 16 Oktober mendatang untuk melanjutkan kepemimpinan Kepala Desa Suka Mandi periode 2020-2026 yang meninggal dunia pada bulan April Tahun 2022 lalu.

Ketua Panitia Pilkades PAW Desa Sukamandi, Ruwah Subekti mengatakan, pemilihan ini dilakukan sesuai dengan ketentuan Peraturan Bupati Belitung Timur.

“Sampai hari ini (14/8) sudah ada 1 bakal calon yang sudah menyerahkan berkas secara lengkap. Dan waktunya sampe hari Jumat 16 September, itu penerimaan berkas pendaftaran terakhir,” ujarnya kepada Beltimnews.com. Rabu (14/9/2022) pagi.

Dia mengatakan, setelah panitia menetapkan minimal dua orang bakal calon yang dinyatakan memenuhi syarat, maka selanjutnya akan dilaporkan ke BPD untuk dilaksanakan musyawarah mufakat.

Akan tetapi, jika melalui musyawarah tersebut tidak dapat menentukan siapa yang menjadi Kepala Desa, maka pilihan kedua kata Ruwah, yaitu pemilihan langsung di tempat dengan cara voting suara terbanyak.

“Surat suaranya kemudian dipilih, dihitung dan suara terbanyak itulah yang nanti ditetapkan sebagai kepala desa PAW terpilih. Selanjutnya, nanti BPD yang akan menyampaikan kepada Bupati untuk dilantik,” ucapnya.

(Stefy Arola)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *