Piknik Bintang Remaja, Exploring Belitong UNESCO Global Geopark

Berwisata Sambil Belajar

Beltimnews.com, Belitung Timur – Belajar tidak hanya dilakukan dalam kelas saja, namun dapat dilakukan sambil berwisata. Hal tersebut yang dilakukan oleh Bintang Remaja Belitung Timur 2021. Mereka adalah para pemenang dan peserta dari kompetisi Bintang Remaja yang diselenggarakan Dinas Pemuda dan Olahraga Kab. Belitung Timur.

Para remaja berprestasi tersebut kemudian bersama-sama ingin melanjutkan kiprah mereka melalui kegiatan positif dan melibatkan lebih banyak remaja di Belitung Timur. Sebagai permulaan, mereka melaksanakan kegiatan pertamanya yakni Piknik Bintang Remaja.

Inisiatif ini kemudian disambut oleh Badan Pengelola (BP) Belitong UNESCO Global Geopark, sehingga Piknik Bintang Remaja kali ini mengambil tema “Exploring Belitong UNESCO Global Geopark”. Tak kurang dari 20 siswa SLTA sederajat ikut dalam kegiatan yang diselenggarakan pada Minggu (07/11/2021).

Para peserta berwisata ke Geosite Open Pit Nam Salu dan mengunjungi Pusat Informasi Geologi (PIG) Pulau Belitung di Kelapa Kampit dengan dipandu oleh Tino dan Synthia dari BAPOPNAS (Badan Pengelola Open Pit Nam Salu).

Bagi BP kegiatan ini merupakan kesempatan Geo-education yakni memberikan pengetahuan mengenai Geopark untuk menumbuhkan kecintaan pada diri generasi muda terhadap warisan geologi, keanekaragaman hayati dan budaya di Geopark Belitong, khususnya mengenai warisan tambang timah di Geosite Open Pit Nam Salu yang telah diakui UNESCO.

Lebih lanjut terdapat materi peranan pemuda dalam Geopark yang disampaikan oleh Yusyarnubi dan Vahrul David, keduanya adalah alumni Indonesia Geopark Youth Forum. Turut hadir memberikan dukungan, Nazirwan, SH Ketua DPD KNPI Kab. Beltim.

“Saya banga berada di sini dan mengapreasikan sebesar–besarnya semangat para Remaja Belitung Timur yang aktif dalam kegiatan positif ini. Semoga dengan kegiatan ini, akan mendorong rasa cinta pada keunikan alam yang Pulau Belitong miliki. Terakhir saya berharap, mari kita berbuat untuk kemajuan daerah ini walaupun itu kecil, yakinlah dari hal kecil itu bisa membawa suatu perubahan yang besar.” Ujar Nazirwan.

Safiqi Ramadan, Pemenang Bintang Remaja Belitung Timur 2021 dan ketua kegiatan mengaku berbahagia bisa menjalankan kegiatan pertama Bintang Remaja.

“Acara piknik bintang remaja ini sungguh sangat diluar ekspektasi saya sendiri, Output yang bisa saya ambil dari acara ini adalah agar bisa meningkatkan keakraban antar kami khususnya sesama Bintang Remaja dan umumnya untuk semua yang telah ikut berpartisipasi dalam menyukseskan acara ini. Dan juga, saya berharap semoga kedepannya bisa memberikan dampak positif bagi masyarakat dan bisa menginspirasi banyak remaja terutama yang ada di Kab. Belitung Timur” ucap siswa SMK Handayani Manggar ini.

Dalam testimoninya para peserta tidak bisa menyembunyikan kegembiraanya mengikuti kegitan ini.

“Disini kami mendapatkan ilmu yang bermanfaat. Ilmu- ilmu yang biasanya kami dapatkan di sekolah hanya melalui buku saja yang terkadang malas untuk membacanya. Namun di sini kami bisa menyaksikan pemandangan alam yang indah, sekaligus sambil belajar banyak dengan terjun di lapangan melihat secara nyata, bisa menambah wawasan dan semangat kami dalam belajar.” Hera, siswi SMKN 1 Manggar mengungkapkan kesannya.

Hal serupa disampaikan oleh Adit dan Helen, siswa-siswi SMAN 1 Manggar yang mendapatkan banyak pengetahuan baru mengenai warisan geologi.

“Ini lah yang saya cari dan tunggu-tunggu. Dari berwisata ke Geosite Open Pit Nam Salu, ini saya mendapatkan inspirasi untuk membuat karya tulis ilmiah dan Insyaallah akan balik lagi ke sini untuk mendapatkan pengetahuan lebih.” Ujar Adit.

“Terima kasih pada penyelengara sehinga saya bisa tahu mengenai Geopark dan Geosite. Ini sungguh pengalaman unik dan keren.” Helen menambahkan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *