Rayakan Hari Peduli Sampah Nasional Grup ANJ Lakukan Beragam Langkah Perubahan

Beltimnews.com, Jakarta – Dalam memperingati Hari Peduli Sampah Nasional (HPSN) yang di peringati setiap tanggal 21 Februari, PT Austindo Nusantara Jaya Tbk. (ANJ), melalui dua anak usahanya PT Sahabat Mewah dan Makmur (SMM) yang berlokasi di Kabupaten Belitung Timur dan PT Gading Mas Indonesia Teguh (GMIT) yang berlokasi di Jember, Jawa Timur, menggelar beberapa kegiatan yang melibatkan masyarakat sekitar untuk bersama-sama mewujudkan lingkungan yang bersih dan sehat.

Pada 17 Februari yang lalu, SMM bersama masyarakat Dusun Liring, Perangkat Desa Renggiang, mengadakan Giat Jumat Sehat yang merupakan kolaborasi antara pemerintah desa, masyarakat, dan SMM yang berupaya berupaya menyadarkan masyarakat sekitar perusahaan tentang pentingnya membuang sampah pada tempatnya dan menciptakan lingkungan yang asri demi kesehatan bersama.

“Program kolaborasi seperti ini merupakan langkah yang baik untuk kepentingan bersama. Kami selaku perangkat desa, sekaligus sebagai masyarakat yang berdampingan langsung dengan perusahaan menyambut baik program Giat Jumat Sehat. Selain berkontribusi secara langsung untuk pelestarian lingkungan, kami juga dapat mengenal dan berinteraksi lebih dekat dengan seluruh tim dari SMM, begitu pun sebaliknya.” kata Siskori, Kepala Desa Renggiang.

Juli Wankara Purba, Resident Director SMM, mengatakan bahwa aspek utama dari pendekatan pengembangan bertanggung jawab dari ANJ adalah mengurangi dampak lingkungan operasi kami serta memberi manfaat bagi komunitas melalui upaya kolaboratif yang akan membawa perubahan jangka panjang

Perayaan HPSN tahun ini juga dilaksanakan oleh tim GMIT di Jember, Jawa Timur, dengan melakukan edukasi dan kampanye tentang bahaya sampah plastik, serta mengedukasi penggunaan kantong belanja ramah lingkungan.

Pada 20 Februari yang lalu, tim GMIT membagikan kantong belanja yang dapat dipakai berkali-kali (Goodie Bag) kepada masyarakat sekitar dan petani di area lahan tanam edamame.

Joko Ramadhoni, Estate Manager GMIT, menyampaikan bahwa sesuai dengan Kebijakan Keberlanjutan ANJ yang menyatakan komitmen untuk pengelolaan limbah yang efisien melalui penerapan 3R (Reduce, Reuse, dan Recycle), diharapan bahwa Goodie Bag yang dibagikan dapat digunakan berkali-kali, sehingga sampah plastik juga dapat dikurangi di area perkebunan edamame.

Selain itu, diharapkan para masyarakat dan petani juga semakin mengerti akan pentingnya pengelolaan plastik yang baik dan benar guna mengurangi dampak sampah plastik terhadap lingkungan dan kesehatan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *