Rencana Pemekaran Desa Baru Menguat. Bakal jadi Satu Desa dan Satu Kelurahan

Rencana Pemekaran Desa Baru Menguat. Bakal jadi Satu Desa dan Satu Kelurahan
Bupati Belitung Timur Burhanuddin (Tengah) saat memimpin Rakor seluruh Desa,BPD, dan OPD Beltim di Auditorium Zahari Mz, Senin (08/08/2022). Foto: Mario/Beltimnews.com.

Beltimnews.com, Manggar – Rencana pemekaran Desa Baru Kecamatan Manggar kembali menguat. Hal tersebut setelah Bupati Belitung Timur Drs Burhanuddin kembali membahasnya dalam rapat koordinasi seluruh Desa, Badan Pengawas Desa, serta OPD di Auditorium Zahari Mz, Senin (08/08/2020)

Dalam kesempatan itu, Kepala Desa Baru Khusnul Kholik mengeluhkan pendataan penduduk yang banyak memakan waktu akibat banyaknya jumlah warga di desanya.

“Satu RT di desa kami pak, itu mengurus lebih dari 250 Kartu Keluarga, dengan orang sebanyak itu proses pendataan kami akan memakan banyak waktu,” ujar khalik.

Menanggapi hal tersebut Bupati Belitung Timur Burhanuddin menyarankan Desa Baru untuk melakukan pemekaran menjadi satu desa dan satu kelurahan.

“Sebenarnya saya sudah lama mengusulkan agar Desa Baru mekar, karena memang jumlah penduduknya sangat banyak melebihi Kecamatan Simpang Renggiang,” ujar Aan sapaan akrab bupati Beltim.

Salah satu warga Desa Baru, Aditya mengatakan dia menyetujui rencana pemekaran tersebut karena menurutnya meningkatnya jumlah penduduk menuntut lebih banyak kebutuhan. Sehingga, akan sangat sulit jika hanya satu desa saja yang mengurusnya.

“Kalau saya setuju asalkan tujuannya jelas untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat yang selama ini sulit terjangkau karena banyaknya jumlah penduduk,” kata Adit kepada Beltimnews.com, Jum’at (12/08/2022).

“Yang pasti jika benar akan terjadi, tolong libatkan masyarakat di dalamnya, jangan sampai pemekaran tersebut hanya menguntungkan oknum tertentu,” tambahnya.*

(Mario | Beltimnews.com)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *