Sambangi Kantor DPRD, Aktivis Beltim Desak Agar Terbentuknya Pansus Terkait HGU PT SWP

Beltimnews.com, Manggar – Datangi kantor DPRD Belitung Timur, para aktivis Beltim desak Wakil Rakyat segera membentuk tim Panitia Khusus (Pansus) selesaikan permasalahan HGU PT. Steelindo Wahana Perkasa (SWP). Selasa (8/9/2022)

Pasalnya, masa Hak Guna Usaha (HGU) PT SWP telah habis sejak tahun 2020 yang lalu. Sedangkan PT SWP sendiri telah mengajukan perpanjangan HGU sejak dari 2018 yang lalu.

“Kita hari ini (Senin/7/2) Rapat Dengar Pendapat (RDP) bersama para Anggota DPRD Beltim. Kami mendukung DPRD untuk segera membentuk pansus terkait dengan HGU PT SWP. Tujuannya yaitu agar lebih jelas perizinan HGU PT.SWP ini seperti apa,” ujar M. Noor Masese selaku Ketua Dewan Komite Komnaspan Wilayah Bangka Belitung, yang juga ikut dalam RDP tersebut.

Selain itu, M. Noor Masese juga mengatakan jika Pemerintah Daerah harus segera memberikan solusi terhadap HGU PT SWP tersebut. Ia khawatir, jika tidak ada solusi bagi perusahaan yang berada di Belitung Timur, takutnya akan berdampak para investor enggan berinvestasi di Belitung Timur

“Pemerintah Daerah Harus bersikap tegas terkait perpanjangan HGU ini, perlu inventarisasi Masalah. Apa saja yang menjadi kendala hingga perpanjangan ini bisa di percepat. karena menurut informasi yang kami terima dari pihak Perusahaan bahwa mereka sudah mengajukan perpanjangan HGU dari tahun 2018 lalu. Apa lagi HGU ini sudah berakhir sejak tahun 2020 lalu, kita harus selamatkan investasi yang sudah ada, jika ada kendala kita cari solusinya,” jelas M. Noor Masese

M. Noor Masese juga menjelaskan, jika kedatangan para LSM ke DPRD Beltim untuk mendesak agar segera dibentuknya tim Pansus untuk menindaklanjuti dan memantau untuk perizinan HGU PT SWP tersebut. Selain itu pemerintah daerah pun ikut serta untuk merampungkan permohonan HGU PT SWP agar di perpanjang.

Menanggapi hal tersebut, DPRD Belitung Timur mengatakan jika pembentukan Pansus akan terlaksana jika memenuhi syarat tertentu, yaitu dengan kesepakatan minimal 2 Fraksi yang menyetujui untuk pembentukan Pansus tersebut.

“Setelah dilakukannya rapat hari ini dengan kawan-kawan dari ormas dan LSM yang dimana meminta agar dibuatkan pansus, kami dari komisi II akan berdiskusi dengan pak ketua serta fraksi-fraksi untuk membahas pembentukan pansus.” ucap Erwin Komisi II DPRD beltim

Menurut Erwin, dengan adanya pembentukan pansus tersebut akan memudahkan informasi lebih akurat dan objek yang dituju akan lebih jelas, serta memantau secara khusus untuk perizinan HGU perusahaan sawit tersebut.

Dari pertemuan RDP tersebut, Erwin menyampaikan jika selanjutnya akan didiskusikan kembali dengan ketua DPRS, serta fraksi masing-masing anggota dewan untuk mengambil sikap untuk pembentukan Pansus.

Turut hadir dalam RDP tersebut yakni Ketua LSM Fakta Ade Kelana, Ketua LSM Laskar Merah Putih Baharan.

(Wahyu/Alfa)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *