Sedang Tahap Administrasi, Aan Akan Wujudkan Belitung Timur Punya Pelabuhan

Beltimnews.com, Manggar – Bupati Belitung Timur terus mengejar agar adanya Pelabuhan di Kabupaten Belitung Timur, upaya yang saat ini telah dilakukan, pihak Pemerintah Daerah sedang melakukan pembebasan lahan yang berada di tanjung lesing Kecamatan Dendang. Jum’at (28/1/2022)

Bupati Beltim Drs. BurhanudinĀ  yang kerap disapa Aan mengatakan, jika lahan yang menjadi kendala saat ini adalah jalan kearah pelabuhan tanjung lesing yang saat ini masih masuk dalam kawasan IPPKH (Izin Pinjam Pakai Kawasan Hutan) PT. Sahabat Makmur dan Mewah (SMM).

Untuk itu, ia saat ini masih melobi Kementerian Kehutanan agar tidak ada permasalahan hukum yang akan terjadi dikemudian hari.

“Kalau pelabuhan tanjung lesing Dendang, saat ini kita sedang membahas dengan pihak PT. SMM. Dan juga kita akan bahas dengan pihak Kementerian Kehutanan, mengenai IPPKH (Izin Pinjam Pakai Kawasan Hutan). Karena sudah ada jalan (Pelabuhan) yang sudah APL masuk dalam IPPKH kawasan PT. SMM,”

“Jalan itu nanti akan diserahkan kepada Pemerintah Daerah, yang saat ini masih tanggung jawab PT. SMM. Itu yang harus kita selesaikan dulu,” ujar Burhanudin

Bupati juga mengatakan bahwa setelah adanya penyerahan lahan tersebut kepada Pemerintah Daerah, maka Pembangunan Pelabuhan Tanjung Lesing akan diserah kepada Pemerintah Pusat.

“Sekarang saya mengejar percepatan administrasinya dulu, jangan sampai bersinggungan dengan masalah hukum. InsyaAllah minggu depan saya akan membawa tim ke Pusat untuk membahas hal tersebut, selesai itu kita akan serahkan kepada Pemerintah Pusat,” ucapnya

Rencananya pembangunan pelabuhan tersebut akan dimasukan pada Musrembang tahun 2023.

“Nanti usulan itu kita masukan ke Musrembang di tahun 2023, yang penting dokumen dan usulannya sudah kita siapkan,” tandas Bupati Beltim

(Wahyu)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *