Siap Tampung Aspirasi Petani Sawit, Aan : Kita Cari Solusi

Beltimnews.com, MANGGAR – Bupati Belitung Timur Siap Tampung Aspirasi para petani sawit yang akan rencananya akan melakukan aksi demo di Kantor Bupati pada Selasa (17/5/2022) pagi hari.

Rencananya para petani sawit akan melakukan aksi damai menyampaikan aspirasi berkenan sudah tiga minggu Tandan Buah Segar (TBS) Kelapa sawit milik petani tidak laku terjual ke perusahaan sawit.

Hal itu dikarenakan perusahaan sawit yang ada di Belitung tak dapat mengirimkan CPO nya keluar negeri dikarenakan adanya larangan ekspor oleh Presiden Joko Widodo.

Imbasnya perusahaan sawit tak dapat menampung TBS (Tandan Buah Sawit) para petani, dikarenakan stok sawit di perusahaan masih menumpuk. Sehingga beberapa perusahaan mengerem pembelian TBS kepada petani.

Menanggapi aksi massa yang akan digelar esok hari, Bupati Belitung Timur Drs. Burhanudin menggatakan pemerintah daerah siap menerima aspirasi para petani sawit yang akan datang.

“Apa pun yang aspirasinya yang mereka sampaikan akan kami akomodir untuk kami konsolidasikan kepada pemerintah pusat,” ujar Bupati Beltim, Senin (16/5/2022).

Menurutnya inti dari hal ini adalah kebijakan dari pemerintah pusat, atas larangan ekspor, sehingga daya beli dan produksi perusahaan terganggu karena tidak bisa ekspor.

“Hal inilah yang harus kita cari solusi, jadi harus dicarikan solusi yang harus dikeluarkan oleh pemerintah pusat, untuk mencabut larangan ekspor itu,” ujarnya Aan, Sapaan akrab Burhanudin

Menurutnya aksi damai tersebut tidak hanya di Belitung Timur saja, namun aksi tersebut dilakukan secara serentak oleh Asosiasi Perkebunan Sawit Seluruh Indonesia.

(Wahyu)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *