SMM Dukung Petani Sawit Belitung Timur dengan Penyerahan Premi Minyak Sawit Berkelanjutan

Beltimnews.com, Belitung Timur, 30 Maret 2024 – PT Sahabat Mewah dan Makmur (SMM), anak usaha dari PT Austindo Nusantara Jaya Tbk. (ANJ), kembali memberikan penghargaan kepada para petani mitranya melalui lima koperasi. Penghargaan ini berupa premi hasil penjualan minyak sawit berkelanjutan dengan total senilai Rp 442.283.998. Penyerahan premi ini dilakukan secara simbolis kepada perwakilan masing-masing koperasi di ANJ Learning Center pada 27 Maret 2024.

Nilai premi yang dibagikan tahun ini meningkat hingga 29%, dengan nilai tahun sebelumnya, yaitu Rp 340.769.162. Adapun lima koperasi mitra yang menerima premi adalah Koperasi Mitra Lestari, Koperasi Sambar Jaya Makmur, Koperasi Mitra Anugrah, Koperasi Berhimpun Sejahtera dan Koperasi Lindong Raya yang menaungi lebih dari 376 petani dengan total luas lahan tersertifikasi 755.08 ha. 

Geetha Govindan, Wakil Direktur Utama ANJ, saat membuka acara menyampaikan bahwa penyerahan premi minyak sawit berkelanjutan yang diselenggarakan oleh SMM ini merupakan bentuk komitmen SMM untuk terus berkontribusi dalam pembangunan ekonomi dan pemberdayaan masyarakat di Belitung Timur.

Geetha Govindan, Wakil Direktur Utama ANJ

“Penyerahan premi minyak sawit berkelanjutan ini merupakan salah satu bentuk komitmen kami dalam menjalin kerja sama kemitraan dengan tujuh koperasi dan satu BUMDesa. Pada hari ini, lima dari tujuh koperasi tersebut kembali mendapatkan insentif dari harga premium RSPO. Kami ucapkan selamat kepada para petani yang menerima insentif premi minyak sawit berkelanjutan. Selain itu, diharapkan hal ini dapat memotivasi para petani mitra SMM untuk terus meningkatkan kualitas produksinya di masa depan,” ujar Geetha.

Geetha juga menjelaskan bahwa pemberian premi minyak sawit berkelanjutan ini merupakan bukti nyata bahwa kerja sama yang telah terjalin antara SMM dan petani sawit telah memberikan keuntungan bagi petani tersebut.

Hal sama juga disampaikan oleh Juli Wankara Purba, Direktur Utama, SMM. Beliau menjelaskan bahwa penyerahan premi ini merupakan hasil kerja sama yang baik antara tim SMM dan para petani mitra, serta dukungan yang diberikan oleh Pemerintah Daerah Belitung Timur.

“Adapun peningkatan nilai premi tahun ini didorong oleh peningkatan produksi minyak sawit bersertifikat RSPO dari para petani mitra. Ke depannya, SMM berkomitmen untuk terus menerapkan tata kelola perkebunan yang baik dan memperketat seleksi TBS untuk memastikan CPO yang dihasilkan berasal dari petani berkelanjutan. Hal ini sejalan dengan komitmen SMM terhadap peraturan pemerintah dan RSPO. Kami berkomitmen untuk maju bersama dengan koperasi mitra, sehingga para anggota koperasi dapat mendapatkan manfaat. Semoga pada tahun 2027 kedelapan koperasi mitra mendapatkan premi minyak sawit berkelanjutan,” jelas Juli. 

Juli Wankara Purba, Direktur Utama PT Sahabat Mewah dan Makmur (SMM)

Harman, perwakilan petani dari Koperasi Berhimpun Sejahtera mengucapkan terima kasih kepada SMM untuk pemberian premi minyak sawit berkelanjutan yang telah diberikan. Beliau juga menyampaikan bahwa ke depannya diharapkan nilai premi yang didapatkan oleh Koperasi Berhimpun Sejahtera dapat meningkat. Selain itu, pengurus telah melakukan inovasi bahwa pembagian premi dari koperasi kepada anggota akan dibagikan melalui bank, sehingga pembagian lebih aman, akurat dan praktis. Adapun capaian dari Koperasi Berhimpun Sejahtera adalah hutang koperasi berada dalam titik nol dan sejak didirikan pada tahun 2015, anggota koperasi sudah menikmati hasilnya.

Acara penyerahan premi minyak sawit berkelanjutan juga dihadiri secara langsung oleh Bupati Belitung Timur, Drs. Burhanudin. Dalam kesempatan tersebut Bupati Belitung Timur mengapresiasi kegiatan tahunan pembagian premi sawit berkelanjutan yang dilakukan oleh SMM. Beliau juga menyampaikan bahwa penyerahan premi minyak sawit berkelanjutan ini adalah sebagai bentuk simbiosis mutualisme antara perusahaan dengan petani.

“Semoga premi yang didapatkan bisa digunakan sebesar-besarnya untuk kemakmuran koperasi dan anggotanya. Diharapkan, kegiatan yang telah dilakukan SMM ini dapat ditiru oleh perusahaan lainnya,” pungkas Burhanudin.

Selain dihadiri oleh Bupati Belitung Timur, penyerahan premi minyak sawit berkelanjutan juga dihadiri oleh Khairil Anwar selaku Wakil Bupati Belitung Timur, perwakilan dari Dinas Pertanian, Perkebunan dan Koperasi, serta para Camat dan Kepala Desa dari Dendang, Balok, Simpang Pesak, Simpang Tiga, Limbongan dan Tanjung Kelumpang beserta jajarannya.

Berikut Koperasi yang menerima Prime Sawit dari PT Sahabat Mewah dan Makmur :

Koperasi Lindung Jaya – Rp. 222.769.392
Koperasi Sambar Jaya Makmur – Rp. 69.286.108
Koperasi Berhimpun Sejahtera – Rp. 61.754.296
Koperasi Mitra Lestari – Rp. 48.086.821
Koperasi Mitra Anugrah – Rp. 40.387.381

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *