Tak Bawa Alat Komunikasi, Herwin Yang Dikabarkan Hilang Kini Telah Pulang Dalam Keadaan Sehat

Beltimnews.com, MANGGAR – Sempat dilaporkan hilang oleh pihak keluarga, Herwin (29) pada Senin malam (20/12) lalu, warga Desa Baru Kecamatan Manggar akhirnya kembali kerumah.

Danpos SAR Basarnas Belitung, Rahmatullah Hasyim  mengatakan setelah dilakukan upaya pencarian oleh Tim SAR Basarnas dan masyarakat, Herwin ternyata dalam kondisi baik-baik saja.

Menurutnya, Pria yang kesehariannya bekerja sebagai penambang itu, pergi membawa ponton pada hari Senin (20/12) pagi dan tanpa kabar hingga malam hari.

“Namun karena pergi tanpa membawa alat komunikasi, ia tidak dapat melakukan kontak dengan pihak lain, saat ponton yang dibawanya kandas karena kondisi air surut,” ujar Rahmat kepada Beltimnews.com, Selasa (21/12/2021).

Rahmatullah Hasyim menyebutkan upaya pencarian secara SOP telah dilakukan. Pada Selasa, (21/12) pencarian terhadap satu orang penambang timah hilang di perairan sungai sungai Manggar Kabupaten Belitung Timur, membuahkan hasil.

Sebelum memulai pencarian, Tim SAR gabungan melakukan briefing operasional SAR pada pukul 07.00 wib.  Dimana dalam melakukan pencarian terhadap korban tim SAR gabungan dibagi menjadi 2 SRU.

Dia menjelaskan SRU I melakukan penyisiran didarat (pinggiran sungai) dan SRU II melakukan penyisiran di sungai. Pukul 07.10 wib , korban berhasil ditemukan dalam keadaan selamat.

“Adapun penyebab utama, diketahui bahwa kapal yang dipergunakan untuk menarik ponton mengalami rusak mesin di sungai Manggar pada titik koordinat 2°51’44.0″S 108°15’56.5″E. Dengan alasan takut kehilangan peralatan ponton, yang bersangkutan memilih bertahan diatas kapal sampai akhirnya datang tim pencarian,” ujarnya.

Korban pun, langsung dibawa kembali ke kediamannya.

Sebelumnya diketahui,  Kantor Pencarian dan Pertolongan Kelas B Pangkalpinang melalui Pos SAR Belitung memberangkatkan 1 Tim Rescue ke lokasi tersebut untuk mencari Herwin yang diduga hilang di lokasi tersebut.

Menurut informasi berdasarkan penelusuran Inteljen  SAR yang ada di lokasi kejadian mendapatkan Kronologis Sebagai berikut Berdasarkan informasi  dari keluarga bahwa pada tanggal 20 Desember 2021 PukUl 10: 00 Wib Korban berangkat dari sungai baon Desa Damar menarik ponton dan estimasi tiba di sungai Manggar 3 jam.

Hingga Pukul 23:00 Wib korban belum tiba dan tidak bisa dihubungi. Pihak keluarga telah menyisir menggunakan kapal namun belum ditemukan. Selanjutnya Pada Pukul 23:30 Wib Pihak keluarga korban melaporkan ke Pos SAR Belitung.

(lui/*)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *