Terkait Pilkades, Wakil Bupati Beltim Himbau PPPS Harus Netral

Beltimnews.com, Manggar – Wakil Bupati Belitung Timur (Wabup Beltim) Khairil Anwar berpesan kepada seluruh Panitia Pembantu Pemungutan Suara (PPPS) Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) Serentak Tahun 2022 di Kabupaten Beltim untuk bersifat netral dan jangan memihak kepada salah satu calon.

“Kalau sudah jadi panitia jangan menjadi pemain (berpihak-red), jadilah senetral mungkin. Ibaratnya kalau sudah menjadi wasit jangan juga menjadi pemain ataupun sebaliknya,” ujar Khairil saat membuka Sosialisasi dan Bimtek PPPS Pilkades Serentak Kabupaten Beltim di Auditorium Zahari Mz, Senin (21/3).

Khairil menghimbau kepada seluruh peserta untuk mengikuti sosialisasi dan bimtek tersebut dengan serius. Menurutnya kegiatan ini sangatlah penting karena bertujuan untuk mengoptimalkan peran PPPS dalam mewujudkan Pilkades Tahun 2022 yang lancar, tertib, akuntabel dan berkualitas.

“Kegiatan yang  sangat strategis untuk meningkatkan kualitas pemahaman dan pengetahuan serta wawasan tentang bagaimana penyelenggaraan pemilihan kades dapat dilaksanakan dengan baik, sehingga pelaksanaan Pilkades dapat berjalan secara efektif, efisien, aman dan tertib,” ucapnya.

“Ini juga bertujuan untuk mengoptimalkan peran para PPPS dalam menyukseskan penyelenggaraan Pilkades serentak di Beltim dengan harapan akan terciptanya Pilkades yang lancar, tertib, akuntabel dan berkualitas,” tambah Khairil.

Di masa pandemi Covid-19 ini, Khairil menghimbau untuk tetap menerapkan protokol kesehatan dengan ketat, serta mempersilahkan PPPS untuk berinovasi, seperti memperbesar TPS ataupun menambah bilik TPS dalam rangka menghindari kerumunan dan mempercepat proses pemungutan suara.

“Kalau masalah itu, kita sudah membataskan jumlah, terus diatur jamnya. Itu semua diatur oleh panitia. Kemudian, prokes jangan lepas, panitia harus berinovasi, kalaupun sempit bisa dilebarkan tempatnya yang penting jika panitia ingin cepat dan aman itu mereka harus berinovasi,” jelasnya.

(Prokom Setda Beltim/yas)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *