Tingkatkan Keterampilan Mitra Binaan, PT Timah Tbk Berikan Pelatihan Ecoprint

BELITUNG – Untuk meningkatkan keahlian mitra binaannya yang ada di Pulau Belitung, PT Timah Tbk menyelenggarakan pelatihan ecoprint pada Rabu (12/10/2022) di Kantor Unit Produksi Belitung, Tanjung Pandan.

Sebanyak 20 peserta UMKM Mitra Binaan PT Timah ikut dalam kegiatan pelatihan ecoprint itu. Program pelatihan ini dilaksanakan secara berkelanjutan untuk meningkatkan keahlian  pelaku UMKM.

Untuk narasumbernya, PT Timah Tbk menghadirkan founder galeri 37 Tanggerang Selatan, Nuning Sekarningrum.

Menurut Nuning Sekarningrum, Ecoprint sendiri dikenal sebagai teknik mewarnai dan juga memberi motif pada kain dengan menggunakan bahan-bahan yang berasal dari alam. Seperti daun, bunga, batang, akar maupun bagian tumbuhan lainnya yang bisa menghasilkan pigmen warna.

Dia menuturtkan, ecoprint saat ini sedang ramai dibicarakan sebab bahan-bahannya ramah lingkungan. Apalagi di Belitung, banyak bahan-bahan yang dapat dimanfaatkan untuk membuat produk ecoprint itu.

“Apalagi di sini ada daun simpor itu bisa ditempelkan di situ, dan akan menjadi ciri khas dari Belitung sendiri,” kata Nuning.

Sementara itu, salah satu pelaku UMKM, Paikem Pujiastuti mengatakan dampak pelatihan yang diikutinya ini sangat baik guna memotivasi mereka untuk giat berkarya kedepannya.

Menurut Paikem, pelatihan ini sangat mendukung mereka untuk menambah wawasan dan edukasi mengenai ecoprint itu.

“Kami dapat belajar lagi untuk kedepannya, kami lihat kondisi kami luangkan waktu untuk melanjutkan ini,” kata Paikem.

Senada, perwakilan Balo Makmur, Astuti mengapresiasi PT Timah Tbk sudah menyelenggarakan pelatihan itu, sebab pelatihan ecoprint itu sangat bagus, apalagi mereka mempunyai kelompok yang tentunnya itu akan bermanfaat kedepannya.

“Kita awalnya olahan ikan, tapi bukan tidak mungkin kedepannya beralih ke ecoprint, sebab tidak banyak usaha semacam ini,” bebernya.

Astuti menerangkan, berdasarkan hasil pelatihan itu ternyata produk ecoprint tidak memerlukan modal yang banyak. Maka dari itu, dia akan mencoba merundingkan dengan kelompoknya untuk mencoba ecoprint itu.

“PT Timah Tbk baru kali ini melakukan ini dan sangat baik sebab agenda ini akan berkelanjutan,” tandasnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *