Vaksin PMK Belum juga Ada di Beltim, Satu Ekor Ternak Mati, Enamnya Dipotong Paksa

Vaksin PMK Belum juga Ada di Beltim, Satu Ekor Ternak Mati, Enamnya Dipotong Paksa
Ilustrasi hewan ternak yang mati akibat PMK. Foto: Istimewa/Headtopics.

Beltimnews.com, Manggar – Update kasus Penyakit Mulut dan Kuku (PMK) pada sapi dan kambing di Kabupaten Belitung Timur, Rabu 13 Juli 2022 pukul 18.00 WIB WIB sebagaimana yang dikeluarkan Dinas Pertanian dan Pangan (Distangan) Kabupaten Belitung Timur menunjukkan satu ekor kambing mati dan enam kambing lainnya dipotong paksa.

Namun demikian, dari 151 kasus PMK, terdapat 132 dinyatakan sembuh. Hal ini menunjukkan semakin meningkatnya jumlah hewan yang sembuh dari PMK di Belitung Timur.

Sementara sisanya, yakni 12 ekor masih dinyatakan sakit, serta sebagaimana sudah disebutkan di atas terdapat satu ekor mati, dan enam ekor dipotong paksa.

Kendati demikian, menurut Dokter Hewan Distangan Beltim Therissia Hati, tindakan biosecurity atau usaha pencegahan untuk mengurangi resiko penularan terus dilakukan.

“Terdapat 74 ekor sapi dan 77 kambing yang terinfeksi PMK, dan alhamdulillah ada penambahan untuk jumlah hewan yang sembuh,” kata Therissia kepada beltimnews.com, Kamis (14/07/2022).

Ia juga mengatakan pihaknya terus monitoring rutin pemeriksaan hewan kurban dan mengobati hewan yang terinfeksi PMK.

“Kami rutin melakukan pemeriksaan dan pengobatan kepada hewan yang terinfeksi maupun yang tidak, untuk vaksin PMK kami masih menunggu dan rencananya akhir Juli akan segera kami lakukan,” paparnya.*

(Mario)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *