Warga Selinsing Protes Bau Busuk dan Lalat dari Kandang Karantina Sapi Terinfeksi PMK

Warga Selinsing Protes Bau Busuk dan Lalat dari Kandang Karantina Sapi Terindikasi PMK
Suasana pertemuan terkait laporan masyarakat Desa Selinsing yang terganggu akibat bau dan lalat dari kandang karantina sapi yang terindikasi PMK. Foto: Mario/beltimnews.

Beltimnews.com, Gantung – Sejumlah warga mengaku resah dengan lalat dan bau busuk yang berasal dari Kandang Karantina hewan ternak yang terinfeksi Penyakit Mulut dan Kaku (PMK) di Desa Selinsing Kecamatan Gantung Kabupaten Belitung Timur.

Aroma tak sedap dan lalat tersebut mengakibatkan aktivitas warga sekitar terganggu selama beberapa hari terakhir.

Menanggapi laporan masyarakat, Kepala Desa Selinsing, Harianto mengadakan musyawarah bersama masyarakat, peternak sapi, serta Dinas Pertanian dan Pangan Kabupaten Belitung Timur, terkait laporan warga yang mengeluhkan bau busuk dan lalat yang berasal dari karantina sapi di lingkungan pemukiman tersebut, Rabu (06/07/2022).

Menanggapi laporan itu, peternak sapi yang hadir dalam pertemuan mengakui kesalahannya dan mengatakan akan segera melakukan pemindahan hewan ternaknya.

“Mohon maaf kepada warga terganggu, kami mengaku salah, dan saya akan segera melakukan pemindahan sebelum tanggal 10 Juli 2020,” janjinya.

Dia menyampaikan pemindahan tersebut baru dilakukan pada 10 Juli dikarenakan ternaknya masih dalam proses isolasi mandiri oleh Dinas Pertanian dan Pangan Kabupaten Belitung Timur akibat PMK.

Senada dengan hal itu, Kepala Desa Selinsing mengatakan pihak desa tidak akan memberikan izin ternak di pemukiman tersebut setelah tanggal yang telah ditentukan.

Ia juga memberikan solusi kepada peternak, dengan siap membantu menyediakan lahan yang jauh dari pemukiman warga.*

(Mario)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *