Waspada!! Kriminalitas di Belitung Timur Meningkat, Banyak Masyarakat Kecurian Barang Berharga

Beltimnews.com, Manggar – Akhir-akhir ini aksi pencurian tabung gas elpiji 3 kg marak terjadi dan telah menimpa banyak pelaku usaha di Kecamatan Manggar Kabupaten Belitung Timur.

M (80) salah satu penjual makanan yang menjadi korban, mengaku telah kehilangan 7 tabung gas di dua tempat usaha yang dimilikinya yang terletak di Desa Kurnia Jaya dan Desa Baru Kecamatan Manggar.

Dia menyebut, pelaku melancarkan aksi pencuriannya itu ketika malam hari saat warung sudah tutup.

“Saya jualan sudah dari tahun 1970 dan selama ini selalu aman, tapi akhir ini saya kehilangan 7 tabung gas sekaligus,” ucapnya. Kamis (5/1/2023)

Tak hanya M, pedagang makanan di Desa Baru juga telah kehilangan 1 tabung gas baru-baru ini. Dia mengaku hanya ditinggal 15 menit tabung gas miliknya raib.

“Istri saya sedang ke tolilet selama 15 menit, ketika keluar tabung gas sudah tidak ada di tempat. Padahal itu satu-satunya tabung gas milik saya untuk mencari nafkah,” tuturnya.

Selain pencurian gas, angka kriminalitas lainnya di Kabupaten Belitung Timur juga cenderung meningkat.

Sebelumnya,  di bulan Desember 2022 lalu satu unit kendaraan roda dua milik warga Desa Baru Kecamatan Manggar, juga hilang di depan rumahnya.

Hal tersebut dibenarkan Kasat Reskrim Polres Belitung Timur, Iptu Fajar Riansyah Pratama.

“Pada Tahun 2021 ada 6 kasus, Tahun 2022 meningkat menjadi 16 kasus pencurian dengan pemberatan. Motifnya dari berbagai faktor, salah satunya karena faktor ekonomi,” ungkap Iptu Fajar.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *