Honey Queen Trigona Farm Bee, Budidaya dan Kuliner Madu yang Instagramable di Belitung

Honey Queen Trigona Farm Be, Ternak dan Kuliner Madu yang Instagramable di Belitung (3)
Destinasi wisata Honey Queen Trigona Farm Bee di Kabupaten Belitung. Foto: Istimewa/Yurizal Aly.

Beltimnews.com – Tak hanya instagramable, ternyata tempatnya asri, sejuk, dan bersih. Itulah kesan pertama saat berkunjung ke Honey Queen Trigona Farm Bee yang berada di Air Seru, Sijuk, Kabupaten Belitung.

Tentunya bagi kamu yang senang berlibur ke tempat bersuasana asri dan sejuk serta mengusung konsep yang menyatu dengan alam, Honey Queen Trigona Farm Bee ini bisa banget jadi tempat yang cocok buat kamu kunjungi.

Akses ke Honey Queen Trigona Farm Bee

Sebelum lebih jauh atau nih cek-cek ada apa aja di tempat satu ini, ada baiknya cari tahu dulu cara ke sini.

  • Dari Bandara H.AS Hanandjoeddin

Nah, jika kamu sudah tiba di Belitung dan berangkat dari Bandara H.AS Hanandjoeddin, rute terbaik untuk mengakses destinasi ini adalah melalui Jalan Jenderal Sudirman sepanjang 1,0 kilometer, lalu berbelok ke arah Air Seru sejauh 4,3 kilometer.

  • Dari Kota Tanjungpandan

Namun demikian, jika kamu berada di Tanjungpandan atau menginap di hotel-hotel yang berada di Kota Tanjungpandan, rute terbaik menuju Honey Queen Trigona Farm Bee adalah melalui Jalan Jenderal Sudirman ke arah Bandara H.AS Hanandjoeddin sejauh 10,7 kilometer. Setelah itu kamu kemudian berbelok sebelah kiri ke arah Air Seruk sejauh 4,3 kilometer.

  • Dari Kota Manggar

Adapun jika kamu berangkat dari Kota Manggar Kabupaten Belitung Timur, kamu akan menghabiskan waktu di perjalanan selama 1 jam 15 menit atau menempuh perjalanan darat sejauh 74 kilometer.

Dari Kota Manggar, rute terbaiknya adalah melalui Jalan Tengah (Jalan. H.AS Hanandjoeddin) menuju Kecamatan Badau Kabupaten Belitung sejauh 64,4 kilometer. Kemudian ambil akses jalan pintas sejauh 3,4 kilometer menuju Bandara H.AS Hanandjoeddin. Selanjutnya, kamu tinggal mengakses Jalan Jend. Sudirman sejauh 1,7 kilometer lalu berbelok ke Air Seru sejauh 4,3 kilometer dan sudah tiba di lokasi.

Cikal Bakal Honey Queen Trigona Farm Bee

Pandemi Covid-19 telah memberi dampak yang luas di berbagai kalangan masyarakat terutama bagi para pengusaha yang bergelut di bidang makanan atau kuliner dan pariwisata. Bangkit di tengah gempuran pandemi Covid-19 yang sedang mewabah, tidak menyurutkan semangat Ibu Evie selaku pemilik Honey Queen Trigona Farm Bee untuk mendirikan tempat ini pada Juli 2020 tahun lalu yang kemudian dibuka untuk umum pada Juni 2022.

Justru dari adanya pandemi ini, Ibu Evie yang sebelumnya telah lebih dulu mendirikan Restoran Raja Seafood mengambil inisiatif untuk mendirikan Honey Queen Trigona Farm Bee.

Berangkat dari keprihatinannya atas dampak dari pandemi yang menyebabkan para pekerja di tempatnya harus diberhentikan, ia tidak tega dan merasa kasihan. Sehingga, awalnya ia mengajak para pekerja tersebut untuk membuka perkebunan yang kemudian berkembang menjadi tempat yang dinamai Honey Queen Trigona Farm Bee ini.

Ada Apa Aja di Honey Queen Trigona Farm Bee?

Sesuai namanya, tempat ini memiliki ternak atau budidaya Madu Trigona yang berkisar 600 sarang di lahan seluas 1 hektar. Madu Trigona ini dipanen setiap dua kali dalam seminggu yang dalam sekali panen dapat menghasilkan 10 liter air madu.

Selain itu, tempat ini memiliki fasilitas yang lengkap. Pastinya bikin betah lama tinggal di sini selama berjam-jam. Toilet, mushola dan tentu kalau laper tempat makannya pun ada.

Tempat makan di dalam Honey Queen Trigona Farm Bee ini memiliki menu yang sangat lengkap. Dari makanan dan minuman ringan yang cocok jadi teman ngemil hingga yang berat seperti berbagai paket makan nasi plus lauk pauk. Bahkan, di tempat ini kamu bisa menikmati makan bedulang dengan menu khas seperti gangan darat khas Pulau Belitong.

Bagian paling uniknya, menu di Honey Queen Trigona Farm Bee ini tentu menyediakan makanan dan minuman yang dipadukan dengan madu atau olahan madu yang berasal dari hasil panen madu trigona yang diternakkan atau dibudidayakan di tempat ini. Bahkan, es krim dengan berbagai rasa yang dipadukan dengan madu trigona ini pun ada di sini.

Nggak perlu khawatir dijamin menu makanan dan minumannya tetap masih terjangkau dengan rasa yang bukan kaleng-kaleng.

Walau lokasinya di tengah hutan dan tidak dekat dengan permukiman warga, tempat ini nggak bikin kita ngerasa horror pas dateng ke sini walau berkunjung pada waktu malam hari sekalipun.

Justru karena jauh dari hiruk pikuk keramaian itulah yang membuat tempat ini memiliki daya tariknya sendiri. Sehingga tempat satu ini cocok buat kamu yang ingin mengisi waktu liburan terutama dengan keluarga dan hanya ingin fokus saja mencari suasana yang tenang sambil menikmati suasana alam di sekitar.

Tentunya, tempat ini cocok buat kamu yang senang berfoto-foto untuk menambah koleksi foto di media sosial. Yups. Banyak spot foto yang instagramable di Honey Queen Trigona Farm Bee ini. Spot fotonya mengusung konsep alam dengan banyak tanaman-tanaman yang tumbuh di perkarangan tempat ini. Bahkan, gazebo dan tempat duduk di sekitarnya yang kalau orang setempat menyebutnya “Pundok” terlihat sangat instagramable.

Tentunya sangat disayangkan jika kamu ke Belitung apalagi masyarakatnya belum pernah berkunjung ke tempat ini. Selain sebagai tempat wisata disini juga dapat menjadi tempat edukasi yang berkaitan dengan segala hal tentang Budidaya Madu Trigona.

Kalau kamu ingin pergi ke Honey Queen Trigona Farm Bee ini, tempat ini dibuka setiap hari dari pukul 08.00 pagi hingga pukul 21.00 malam.

Tenang pemirsah, masuk ke sini nggak ada karcis. Hanya saja rugi kan kalo di sini cuma singgah buat foto doang, tapi nggak sempet nyicipin makanan dan minuman yang bahan khususnya berasal dari madu hasil panennya tempat ini.

So, skuy berangkat!

(Monika | Beltimnews.com)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *